APLIKASI SISTEM INFORMASI FASILITAS UMUM IT TELKOM BERBASIS WEB

Nita Manutur Simatupang

Informasi Dasar

611081050
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang dengan pesat pada saat ini. Dengan kemajuan teknologi informasi, pengaksesan terhadap informasi dapat berlangsung dengan cepat dan efisien. IT Telkom sebagai salah satu institusi yang memberikan layanan fasilitas umum kepada akademisnya memerlukan suatu sistem informasi. Sistem yang digunakan Bagian Rumah Tangga dan Lingkungan dan Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom dalam memberikan layanan serta informasi fasilitasnya saat ini masih dilakukan secara manual. Selain itu, pengelolaan data peminjamannya juga masih menggunakan sistem konvensional yang mempunyai banyak kelemahan, seperti sulitnya mengurus surat peminjaman, mendapatkan persetujuan dari Bagian Kemahasiswaan IT Telkom dan penyesuaian jadwal dengan Bagian Rumah Tangga dan Lingkungan atau Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom, yang mengakibatkan terjadinya pembuangan waktu dan tenaga.

Oleh karena itu, pada proyek akhir ini dibangun sebuah aplikasi sistem informasi fasilitas umum IT Telkom yang dapat membantu ORMAWA (Organisasi Kemahasiswaan) dan unit lain IT Telkom dalam mendapatkan layanan fasilitas umum dari Bagian Rumah Tangga dan Lingkungan serta fasilitas ruang Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom. Sistem informasi tersebut telah dapat membantu menangani peminjaman dan perolehan informasi jadwal pemakaian setiap fasilitas yang dapat diakses melalui web. Aplikasi ini menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman berbasis web, dan MySQL sebagai database server. Aplikasi dirancang berdasarkan kebutuhan dan tidak mengabaikan prosedur yang sudah ditetapkan sebelumnya sehingga aplikasi dapat diimplementasikan.

Setelah dilakukan pengujian dan implementasi, didapatkan beberapa kesimpulan, diantaranya : aplikasi dapat memudahkan ORMAWA IT Telkom dalam melakukan peminjaman dan perolehan informasi jadwal pemakaian fasilitas umum, serta dapat membantu Rumah Tangga dan Lingkungan dan Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom sebagai admin dalam mengelola data peminjaman. Hal ini berdasarkan pengujian subjektif dari Bagian Rumah Tangga dan Lingkungan, Fakultas Elektro dan Komunikasi, serta Bagian Kemahasiswaan IT Telkom yang menyetujui dibuatnya sistem ini.Kata Kunci : Sistem informasi berbasis web, Fasilitas umum, Sistem manual, PHP, MySQLABSTRACT: Information technology is one technology that is growing rapidly. With information technology, access to information can take place quickly and efficiently. IT Telkom as one institution that provides facility services to their academic will also require information systems. Currently, the system used by Rumah Tangga dan Lingkungan and Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom in providing services and information of the facility is still done manually. The management of borrow data and internal data is still using the conventional system has shortcomings such as difficult to find the borrow letter, allowing of Bagian Kemahasiswaan IT Telkom, the match schedule with Rumah Tangga dan Lingkungan and Fakultas Elektro dan Komunikasi IT Telkom, that can not take quickly and efficiently in the used of time and power.

Therefore on this final project, created a general facility information system application that can assist the IT Telkom ORMAWAs and the other units in obtaining general facility services from IT Telkom. The information system can handle the borrowing, and the information of schedule each facility that visit reports over the web. This application uses PHP as a web-based programming language, and MySQL as database server. The application is designed based on need and not ignore the existing procedures at the hospital so that applications can be implemented.

After testing and implementation, resulted in several conclusions, including: application can make easy the borrowing, and the information of schedule the general facility more get easy to the IT Telkom ORMAWAs, and can help Rumah Tangga dan Lingkungan, and Fakultas Elektro dan Komunikasi of IT Telkom to management the borrowing data. It is based on subjective tests with Rumah Tangga dan Lingkungan, Fakultas Elektro dan Komunikasi, and Bagian Kemahasiswaan of IT Telkom that respect to make this system.Keyword: Information system based on web, General facility, Manual System, PHP,

Subjek

Otomation
 

Katalog

APLIKASI SISTEM INFORMASI FASILITAS UMUM IT TELKOM BERBASIS WEB
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nita Manutur Simatupang
Perorangan
Rendy Munadi, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini