Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Database Obat Apotek Berbasis Web

Nabela Oktasari

Informasi Dasar

611081047
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Berbagai macam jenis obat-obatan yang semakin bervariasi mendorong apotek membutuhkan suatu sistem yang dapat mengelola dan mengatur data obatobatan secara cepat dan baik. Sistem informasi dan basis data menjadi hal penting yang paling dibutuhkan dalam mengelola dan mengatur data obat-obatan tersebut. Dalam proyek akhir ini ,dibuat sistem informasi database obat apotek sebagai suatu solusi mengenai pengelolaan dan pengaturan data obat-obatan di apotek. Sistem informasi dibuat dalam bentuk website yang dapat diakses oleh karyawan dan administrator database.

PHP digunakan dalam pembuatan web progamming dan MySQL digunakan sebagai database untuk menyimpan data obat-obatan apotek. Pembuatan Sistem ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan informasi dan perancangan desain website. Tahap kedua adalah pembuatan database dan realisasi sistem informasi tersebut. Tahap yang ketiga adalah tahap finishing yang meliputi tahap pengujian sistem dan evaluasi sistem.

Hasil yang dicapai dalam dalam proyek ini adalah sistem informasi yang dinamis dilengkapi dengan visualisasi mengenai database obat-obatan, monitoring aktifitas obat-obatan yang masuk maupun keluar dan pengorderan obat-obatan (dropping) dari satu cabang apotek ke cabang apotek lain dengan penggunaan yang user friendly. Pengujian yang dilakukan pada proyek akhir ini meliputi pengujian fungsional sistem dan pengujian waktu respon dan kecepatan. Dari pengujian fungsional sistem dapat diketahui bahwa semua fitur atau menu yang dibuat dapat berfungsi dengan baik, sedangkan dari pengujian waktu respon dan kecepatan diketahui bahwa server dapat melayani user dengan baik pada pukul 21.00-00.00 dengan waktu respon yang singkat dan kecepatan yang tinggi.Kata Kunci : database, obat, website, apotekABSTRACT: Various types of medicine are increasingly numerous and varied that encourage pharmacies requires a system that can manage and organize data of medicines quickly and well. The information systems and databases is the most needed important thing to manage and organize data of medicine in a pharmacy. This final project created a solution regarding the application of information services at a pharmacy .this final project created a web-based information system that can be accessed by staff and database administrators.

PHP is used to making web programming and MySQL as a database to store the list of the medicines. In creating this system there are three stages to be done. The first stage is the collection of information and designing website. The next step is creating the database and information system. The last step is finishing cover testing a system and evaluation system.

The result achieved of this project is creating a dynamic information system including visualization and information about databases of medicine, monitoring activities of a medicine in pharmacies and ordering medicine (dropping) from one branch to another branch pharmacy with user friendly using. Tests for this final project is include the functional testing and response time. From the functional testing can be seen that all features or menus are function properly, and from response time testing can be seen that a server can serve the user well at 21:00 to 00:00 with a short response time and high speed performances.Keyword: databases, medicine, website, pharmacies

Subjek

Otomation
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Database Obat Apotek Berbasis Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nabela Oktasari
Perorangan
Hafidudin, Tody Ariefianto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini