PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MODULATOR VIDEO SEBAGAI PEMANCAR SEDERHANA

STANISLAUS ADITYA HIMAWAN

Informasi Dasar

611081040
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini, dunia pertelevisian sedang berkembang pesat bahkan setiap daerah hampir memiliki stasiun tv lokal termasuk di Institut Teknologi Telkom. Agar pelanggan dapat menikmati suatu siaran tertentu, diperlukan proses modulasi. Modulasi berfungsi untuk menempatkan siaran pada kanal yang tersedia. Hal tersebut diatur oleh suatu alat yang disebut modulator. Modulator memiliki beberapa jenis menurut sinyal yang dilewatkan, yaitu modulator digital dan modulator analog.

Modulator ini akan memodulasikan sinyal pada frekuensi UHF 535.25 MHz dengan sinyal informasi yang berasal dari handycam dan dihubungkan ke modulator menggunakan port RCA. Kemudian sinyal dari kamera akan dimodulasikan menggunakan frekuensi UHF serta metode modulasi VSB (vestigial side band) dan akan dipancarkan menggunakan antena. Sedangkan disisi penerima dapat menggunakan antena TV yang dijual bebas. Frekuensi ini dipergunakan karena merupakan frekuensi yang digunakan untuk transmisi tv kampus ESFERA.

Realisasi proyek akhir ini akan dikukur secara kuantitas dan kualitas. Pada pengukuran secara kuantitas didapatkan hasil level input yang berasal dari handycam adalah 1.375 Vcvbs, level output modulator adalah 55 dBµV, frekuensi kerja 535.25 MHz dan indeks modulasi 0.2857. Pada pengukuran secara kualitas, modulator dihubungkan dengan antena pemancar dan televisi sebagai penerima. Pengukuran secara kualitas belum berhasil dikarenakan level output modulator yang kecil dan keluaran modulator yang belum stabil

Kata Kunci : modulator, vestigial sideband, sinyal video, handycam, level input,ABSTRACT: Currently, the television broadcasting is rapidly growing, almost every area have local tv stations including Telkom Institute of Technology. The modulation process is very important in a broadcasting technology. Modulation serves to put the broadcast on a channel that is available. The device which use to modulate the signal called a modulator.

These modulators which has a function to modulate the signal with a UHF frequency (460-880) MHz testing was carried out using a camcorder as a source of information and connected to the modulator using an RCA port. Modulated signal from the camcorder will use UHF frequencies by the method of modulation VSB (vestigial side band) and will be transmitted using an antenna.

This modulator was measured in quantity and quality. In terms of quantity measurement results which obtained from the input level camcorders is 1.375 Vcvbs, output level of modulator 55 dBµV, and modulation index 0.2857. In quality measurement, the modulator will connect to transmitter and broadcast to the receiver which using antenna television. The result has not been successful because of the power produced is too small and the modulator output is not yet stable.

Keyword: video modulator, vestigial sideband, video signals, camcorder, input

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MODULATOR VIDEO SEBAGAI PEMANCAR SEDERHANA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

STANISLAUS ADITYA HIMAWAN
Perorangan
Budi Prasetya, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini