Sistem Pengaman Pintu Menggunakan Keypad dan Komunikasi Wireless

Nanang Arif Haryadi

Informasi Dasar

611081039
621.384
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sekarang ini banyak masalah-masalah yang sering meresahkan masyarakat antara lain kebakaran, pencurian, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kewaspadaan kita terhadap benda penting di suatu ruangan harus ditingkatkan agar terhindar dari masalah tersebut terutama pencurian. Untuk membantu pihak keamanan dalam menjalankan tugasnya maka dibuatlah suatu alat pendeteksi (sensor) keamanan yang bekerja ketika akan terjadi pencurian. Alat ini sangat membantu dalam memantau keamanan baik di rumah maupun perkantoran. Namun pada proyek akhir ini dibuat suatu alat keamanan yang akan dipergunakan di perumahan.

Pada alat ini banyak sekali terdapat komponen, akan tetapi yang paling berpaeran untuk transmisinya adalah modul Transceiver. Pada alat ini terdapat dua rangkaian Transmitter dan Receiver. Rangkaian Transmitter yang dibuat berawal dari masukan sensor PIR yang bersifat aktif low karena dihubungkan dengan ground. Masukan tersebut akan diolah pada ATMega8535 dengan bahasa BASCOM lalu akan mengeluarkan outputan pada port TX dan RX. Kemuidian oleh modul transceiver akan dikirim ke rangkaian receiver. Di rangkaian receiver, data diterima oleh modul transceiver kemudian diproses oleh ATMega8535 dan memberikan perintah kepada rangkaian beban.

Pada proyek akhir penulis “Sistem Pengaman Pintu Menggunakan Keypad dan Komunikasi Wireless” yang telah berhasil mentransmisikan data menggunakan modul RF dan dapat dikontrol oleh keypad dan pada sisi penerima sudah dapat menghasilkan keluaran yaitu pada LCD, alarm, dan LED. Hanya manusia dan binatang yang bisa terdektesi oleh sensor. Jarak terjauh untuk mentransmit data yaitu 105 meter pada kondisi LOS.Kata Kunci : Sistem otomatisasi menggunakan WirelessABSTRACT: Today many of the problems that are often disturbing the community including fire, theft, and so forth. Therefore we caution against important objects in a room should be improved to avoid such problems, especially theft. To help the security forces in carrying out their duties then be made of a detector (sensor) that works when the security will be theft. This tool is helpful in monitoring security both at home and office. But on this final project created a security tool that will be used in the housing.

In this tool there are so many components, but the most berpaeran for transmission is the Transceiver module. In this tool there are two sets of Transmitter and Receiver. The series made starts Transmitter PIR sensor inputs that are active low as connected with ground. Input will be processed on ATMEGA8535 with BASCOM language and will issue a outputan on TX and RX ports. Kemuidian by transceiver modules will be sent to the receiver circuit. In a series of receivers, the data received by the transceiver module is then processed by ATMEGA8535 and give orders to the circuit load.

At the end of the project the author of "Using the Keypad Door Security System andWireless Communications" which has been successfully transmits data using RFmodules and can be controlled by the keypad and on the receiving side can produceoutput that is on the LCD, alarm, and LED. Only humans and animals that canterdektesi by the sensor. The distance record for transmitting data that is 105 metersin LOS conditions.Keyword: Wireless

Subjek

WIRELESS
 

Katalog

Sistem Pengaman Pintu Menggunakan Keypad dan Komunikasi Wireless
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nanang Arif Haryadi
Perorangan
M. Ary Murti, M. Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini