Aplikasi Minimarket Online Berbasis Web dan SMS

Anitha Finda Nurima

Informasi Dasar

611081010
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini keberadaan minimarket semakin marak, hal ini merupakan dampak dari kebutuhan masyarakat terhadap penyediaan kebutuhan sehari-hari yang lebih praktis dan efisien jika dibandingkan dengan pasar tradisional. Namun, kenyamanan dan kepraktisan yang ditawarkan mini market masih kurang. Terutama bagi orang-orang yang terlalu sibuk bekerja, misalnya saja para pekerja yang bekerjanya di kota besar seperti Jakarta. Pekerjaan yang begitu banyak membuat sebagian masyarakat merasa malas untuk sekedar berkunjung ke minimarket. Selain itu, kondisi kota besar seperti Jakarta yang sering macet mengakibatkan masyarakat kesulitan dalam berbelanja. Terkadang orang-orang pun merasa bosan dan malas untuk mengantri pada saat membayar belanjaan di minimarket

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat atau pelanggan untuk berbelanja di minimarket tanpa harus mengunjunginya secara langsung. Aplikasi tersebut adalah sebuah mini market online berbasis web dan SMS dimana untuk berbelanja layaknya di minimarket user dapat menggunakan media web dan SMS dibeberapa fitur layanan yaitu untuk proses registrasi, transaksi pembayaran, dan konfirmasi pembayaran. Untuk halaman web yang berfungsi sebagai informasi barang yang tersedia dan pemesanan barang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL untuk databasenya. Untuk membangun sistem SMS Gateway, dibuat dengan Gammu dan diletakkan di sebuah komputer yang berfungsi sebagai server. Dalam mengirim dan menerima SMS, server membutuhkan sebuah ponsel yang digunakan sebagai GSM modem dan terkoneksi melalui kabel data.

Dari proyek akhir ini didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat memudahkan user dalam melakukan transaksi belanja tanpa harus datang langsung dan mengantri ke minimarket karena dalam menangani hal tersebut digunakan media web dan SMS sehingga lebih praktis dan fleksibel. Hal ini terbukti dengan hasil kuisioner 30 responden yang menyatakan “setuju” sebesar 80% jika aplikasi ini diimplementasikan dan sebesar 78% responden menyatakan “baik” untuk performansi aplikasi ini.Kata Kunci : web, mini market online, PHP, MySQL, SMS Gateway, dan GammuABSTRACT: The existence of increasingly rampant minimarket has been currently increased , this is the impact of social demand for the provision of daily necessities. They more practical and efficient when compared to traditional markets. However, comfort able and practicality that offered by mini market is still lacking. Especially for people who are too busy working, such as workers who work in big cities like Jakarta. So they are many worker that makes some people feel lazy just to visit the mini market. In addition, this condition of big cities like Jakarta, which often caused the people was difficult to shopped. Sometimes, people also feel tired and lazy to queue up when paid the groceries in the mini market.

To solved these problems, hence made an application that can facilitate the public or customers to shop at the mini market without having to visit it directly. The application is an online minimarket based on web and SMS which to shop like in minimarket, the user can use web and SMS media in some features. The features are registration process, payment, and payment confirmation. This web application made by using the programming PHP and uses MySQL for the database. To build SMS Gateway system also made by Gammu and located in a computer which has function as server. While sending and receiving SMS, the server needs a handphone which have been using as GSM modem and connected with data cable.

From the result of Final Project, we can conclude that this application make user easy to shop without having to visit it directly because of using web and SMS media so it would like to be more flexible. That condition is proved by about 80% of 30 respondents who “agree” if this application will be implemented someday. And 78% of 30 respondent conclude “good” for performance of this applicationKeyword: web, online mini market, SMS Gateway, Gammu, PHP, and MySQL

Subjek

Otomation
 

Katalog

Aplikasi Minimarket Online Berbasis Web dan SMS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anitha Finda Nurima
Perorangan
Asep Mulyana, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini