PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ALOKASI TEMPAT PARKIR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535

AYU ANITA

Informasi Dasar

611081006
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kesediaan tempat parkir di lokasi umum merupakan salah satu hal yang penting. Namun, proses penggunaan tempat parkir pada umumnya pengendara masih harus mencari sendiri lokasi parkir yang akan dipergunakan. Pengendara tidak dapat mengetahui secara langsung tempat parkir mana yang masih kosong. Sistem seperti ini kurang efisien karena membutuhkan waktu lebih untuk menentukan lokasi parkir. Untuk itu, dalam proyek akhir ini menguraikan tentang desain pengembangan sistem alokasi parkir dengan menggunakan sensor ultrasonik dan Mikrokontroler Atmel ATmega8535.

Prinsip dari alat ini adalah menampilkan informasi mengenai ketersediaan ruang parkir dengan menggunakan inputan dari sensor ultrasonik sebagai pendeteksi kendaraan yang parkir. Kemudian data dari sensor diolah menggunakan Mikrokontroler Atmel ATmega8535. Data dari mikrokontroller diinterfacekan ke komputer dengan pemrograman VB untuk ditampilkan letak lokasi parkir yang telah dipakai.Prinsip dari alat ini adalah menampilkan informasi mengenai ketersediaan ruang parkir dengan menggunakan inputan dari sensor ultrasonik sebagai pendeteksi kendaraan yang parkir. Kemudian data dari sensor diolah menggunakan Mikrokontroler Atmel ATmega8535. Data dari mikrokontroller diinterfacekan ke komputer dengan pemrograman VB untuk ditampilkan letak lokasi parkir yang telah dipakai.Prinsip dari alat ini adalah menampilkan informasi mengenai ketersediaan ruang parkir dengan menggunakan inputan dari sensor ultrasonik sebagai pendeteksi kendaraan yang parkir. Kemudian data dari sensor diolah menggunakan Mikrokontroler Atmel ATmega8535. Data dari mikrokontroller diinterfacekan ke komputer dengan pemrograman VB untuk ditampilkan letak lokasi parkir yang telah dipakai.Prinsip dari alat ini adalah menampilkan informasi mengenai ketersediaan ruang parkir dengan menggunakan inputan dari sensor ultrasonik sebagai pendeteksi kendaraan yang parkir. Kemudian data dari sensor diolah menggunakan Mikrokontroler Atmel ATmega8535. Data dari mikrokontroller diinterfacekan ke komputer dengan pemrograman VB untuk ditampilkan letak lokasi parkir yang telah dipakai.

Dengan adanya alat ini proses pemparkiran menjadi lebih teratur, lebih mudah dalam proses pemparkiran dan membantu dalam penginformasian berupa pemetaan denah lokasi sesuai dengan keadaan lokasi parkir dengan baik.Kata Kunci : Alokasi parkir, sensor ultrasonik, Mikrokontroller AtmelABSTRACT: Availability of parking in the general location is one important thing. However, the usage proccess of parking area in generally is now the drivers still have to find the parking area that wil be used themselves. Drivers are not able to know directly which parking area that still availlable. Such a system like this is not efficient enough for the drivers because it requires more time to get the parking location that can be used. Therefore that, in this final project describes about design of parking allocation development system by using ultrasonic sensor and microcontroller Atmel ATmega8535.

The principle of this tool is to display the information about availability of parking spaces by using input from ultrasonic sensor as the detector of parked vehicles. Then the data from the sensor processed using microcontroller Atmel ATmega8535. The data from microcontroller then interfaced to computer with VB programming to display the parking area that has been used.

In this way, the parking process is expected to become more organized, simplify in parking process and giving information such as mapping of the site parking area according to the state parking locations well.Keyword: parking allocation, ultrasonic sensor, microcontroller Atmel

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ALOKASI TEMPAT PARKIR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU ANITA
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Ahmad Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini