PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ATAP JEMURAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER

EFANY DANARTI

Informasi Dasar

611080023
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak menentu. Terkadang saat cuaca panas, tiba-tiba saja hujan lebat. Atau terkadang saat cuaca sedang buruk, tiba-tiba saja terang. Hal ini tentu sangat merepotkan. Terlebih saat kita memiliki jemuran, atau saat kita sedang menjemur sesuatu. Tentu kita akan dibuat repot oleh cuaca yang tidak menentu tersebut. Dengan kondisi yang demikian, diperlukan adanya sebuah alat atap otomatis yang sekiranya bisa membantu. Atap otomatis ini diprogram sedemikian rupa agar dapat membuka dan menutup secara otomatis tergantung dari kondisi cuaca apakah sedang hujan atau terang.

Sensor hujan dan sensor cahaya digunakan sebagai inputan untuk mikrokontroler untuk mengatur buka dan tutup atap. Kemudian mikrokontroler juga dihubungkan dengan RTC sebagai pengatur waktu tutup atap dengan pushbutton sebagai inputan waktu tersebut. Alat otomasi ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu sensor hujan, sensor cahaya, dan pushbutton sebagai input. Bagian kedua adalah bagian mekanik untuk atap nya yang akan digerakkan oleh motor power window, yang tentunya sesuai dengan inputannya.

Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, atap akan membuka bila ADC bernilai >=245 dan menutup bila bernilai <245 untuk sensor hujan. Sedangkan untuk sensor cahaya, atap akan membuka bila ADC bernilai <80 dan akan menutup bila ADC bernilai >=80. Atap otomatis ini juga hanya mampu digunakan untuk jemuran dalam jumlah kecil namun dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya.Kata Kunci : Atap, Sensor Hujan, Sensor CahayaABSTRACT: Recently, the weather is really uncertain. Sometimes when it is hot, it will suddenly rain hard. Or sometimes when the weather is bad, it will suddenly be bright. This is certainly inconvenient. Moreover when we have a laundry or when we are drying or hanging something. We will certainly be bothered by the uncertain weather. In that condition, it is necessary to have an automatic roof tool which might be helpful. This automatic roof tool is specially programmed in such a way so that can open or close automatically depending on the weather condition whether it is rainy or bright.

Rain sensor and light sensor are used as the input for microcontroller to set the roof’s open or close. Then microcontroller is also connected with RTC as timer regulator when the roof is close with the pushbutton as the input. This automatic tool is divided into two parts namely rain sensor and light sensor with pushbutton as the input. The second part is mechanical part for its roof which will be driven by power window motor which is certainly suitable with the input.

Base on the research has been done, this tool will open if the value of ADC >=245 and will close when the value <45 for rain sensor. For light sensor value for open the roof is <80 and >=80 to close the roof. This tool also can only be used for a little mounts of laundry but can be maximum as it should.Keyword: roof, light sensor, rain sensor

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ATAP JEMURAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EFANY DANARTI
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  mikrokontroler 18 January, 2019
firdanyoktaviandita – FIRDANY OKTAVIANDITA
sangat bafus untuk menjadi refesensi
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini