PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN DAN MONITORING JARINGAN AKSES PBX DI IT TELKOM

MUAZAM NUGROHO

Informasi Dasar

611080020
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan akses PBX merupakan fasilitas yang penting yang sudah diterapkan di IT Telkom. Namun, pada kenyataannya di IT Telkom data-data yang ada belum dapat terdokumentasi dengan baik, sehingga menyulitkan bagi teknisi untuk melakukan operasional jaringan ini, seperti pemeliharaan, penanganan gangguan dan pemasangan.
Dalam proyek akhir ini telah dilakukan pemetaan jaringan akses PBX di kampus IT Telkom dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis. Pemetaan jaringan ini mencakup pendataan IP PBX di tiap gedung di IT Telkom. Sedangkan pada sisi monitoring, aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk mengedit data-data yang ada agar data-data tersebut bisa terus update sesuai dengan keadaan di lapangan.
Hasil yang telah dicapai dari proyek akhir ni adalah dibuatnya sebuah web SIG yang menampilkan informasi data-data jaringan akses PBX IT Telkom dalam bentuk peta digital yang dinamis dan user friendly dengan memanfaatkan MapServer sebagai web servernya. Sehingga memudahkan teknisi di IT Telkom untuk kepentingan operasinal jaringan PBX.Kata Kunci : IP PBX, sistem informasi geografis, MapServerABSTRACT: PBX access network is an important facility that has been applied in IT Telkom. However, in reality in IT Telkom, the PBX data have not been able well documented, making it difficult for technicians to perform operation of the network, such as maintenance, handling problems, and installation.
In this project has been carried out mapping of the PBX network access on campus IT Telkom by using Geographic Information Systems. The network mapping includes data collection of IP PBX in every building in IT Telkom. While on the monitoring side, this application provides the facility to edit the existing data so that these data can be kept updated according to the conditions in the field.
The results achieved of this project is creating a GIS website that displays information of data from PBX network access in IT Telkom in the form of dinamic digital maps that are user friendly by using MapServer as a web server. Making it easier for technicians in IT Telkom for the benefit of the PBX network operations.Keyword: IP PBX, Geographic Information System, MapServer.

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN DAN MONITORING JARINGAN AKSES PBX DI IT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUAZAM NUGROHO
Perorangan
Asep Mulyana, Tody Ariefianto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini