DESAIN DAN IMPLEMENTASI ALAT PEMOTONG PAPAN BERBASIS CAD/CAM

AHADI ARIF N

Informasi Dasar

611080011
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam dunia industri peranan alat yang dapat bekerja secara otomatis sangat di butuhkan, salah satunya adalah alat pemotong papan otomatis. Alat ini diharapkan dapat bekerja secara otomatis dan dapat menghasilkan potongan yang presisi sesuai dengan sketsa yang dibuat.

Dalam proyek akhir ini direalisasikan suatu alat yang nantinya dapat digunakan untuk memotong papan secara otomatis dan presisi sesuai ukuran yang diinginkan. Alat ini dapat memotong papan secara otomatis sesuai dengan sketsa gambar yang telah dibuat di dalam computer. Pada alat ini digunakan software autoCAD sebagai media untuk menggambar sketsa yang diinginkan, kemudian file yang dihasilkan dari software autoCAD tersebut selanjutnya akan di proses kembali ke dalam software CAM untuk mendapatkan output berupa file teks G-code yang digunakan untuk pemrograman ke dalam bahasa mesin, kemudian selanjutnya digunakan sebuah rangkaian mikrokontroller sebagai pengolah data dari bahasa computer ke dalam bahasa mesin yang dihubungkan oleh sebuah port printer sebagai output dari computer yang digunakan untuk menggerakkan motor listrik (stepper motor). Sedangkan untuk pemotongnya, alat ini menggunakan mata bor khusus jenis endmill sebagai alat pemotongnya dan beberapa motor stepper sebagai alat penggeraknya yang telah disusun sedemikian rupa sehingga dimungkinkan akan dapat memotong papan secara omatis dan presisi sesuai sketsa yang telah dibuat.

Dengan demikian diharapkan alat ini dapat membantu dalam proses produksi sehingga dapat meningkatkan hasil produksi secara signifikan jika dibandingkan dengan menggunakan alat pemotong secara manual.Kata Kunci : autoCAD,CAM, mikrokontroller, stepper motor, otomatis, presisi, port printer.ABSTRACT: In the world of the role of industry tools that can work automatically so in need, one of which is automatic board cutting tools. These devices are expected to work automatically and can generate a precision piece in accordance with the sketches are made.

In this final project realized a tool that can later be used to cut the board automatically and the precision of the desired size. This tool can cut the board automatically according to the sketch drawings that have been made in the computer. In autoCAD software tool is used as a medium for sketching desired, then the resulting file from autoCAD software will then be processed back into the CAM software to get the output from the G-code text file that is used for programming into the machine language, then then used a microcontroller circuit as a data processor of the computer language into machine language that is connected by a printer port as the output of the computer used to drive an electric motor (stepper motor). As for the cutter, the tool uses a special type of drill bit as a tool endmill cutter and a stepper motor as a driving tool which has been compiled in such a way that is possible will be able to cut the board in omatis and precision according to the sketch that has been made.

It is expected that these tools can assist in the production process so as to increase production significantly when compared to using a cutting tool manually.Keyword: autoCAD, CAM, microcontroller, stepper motor, automatic, precision, printer port.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI ALAT PEMOTONG PAPAN BERBASIS CAD/CAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHADI ARIF N
Perorangan
Porman Pangaribuan, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini