DESAIN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENJEJAK OBJEK BERBASIS MIKROKONTROLER

ENDAH TURUNSIH

Informasi Dasar

611080004
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Image processing dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam berbagai bidang jika digunakan dengan baik. Salah satu bidang yang dapat dikembangkan dengan adanya Image Processing adalah bidang robotika. Dengan mengaplikasikan image processing pada suatu robot, maka robot sdapat memiliki kemampuan melihat seperti layaknya manusia. Untuk mewujudkan adanya robot yang terintegrasi dengan vision system diperlukan modul tambahan. Peralatan atau modul tambahan robotika yang digunakan sebagai vision system pada robot umumnya masih mahal, oleh karena itu akan lebih baik jika dibuat vision system untuk robot dengan harga terjangkau.

Pada proyek ini telah dibuat vision system sederhana untuk dikembangkan pada bidang robotika khususnya. Adapun proyek yang dibuat adalah alat yang mampu mendeteksi dan mengikuti posisi dimana objek berwarna berada. Pada proyek akhir ini penulis membuat implementasi image processing untuk mendeteksi sebuah bola dengan memanfaatkan fitur-fitur yang memudahkan pengolahan citra pada OpenCV library . Webcam digunakan untuk capturing image untuk kemudian diolah di PC . Untuk membuat alat mampu bergerak maka dilakukan interfacing dengan mikrokontroler untuk mengendalikan motor servo.

Dengan adanya proyek akhir ini diharapkan dapat memberikan alternative vision system khususnya bidang robotika, dengan dana minimum namun tidak mengurangi fungsi secara signifikan. Tidak menutup kemungkinan alat ini dapat dikembangkan untuk implementasi bidang teknologi lainnya yang memanfaatkan image processing.Kata Kunci : image processing, OpenCV, webcam, mikrokontroler.ABSTRACT: Image processing could give many significant advantages in many kind of technology fields if only it is nicely handled. One of field that can be developed using image processing is robotic field. By implementing image processing, a robot could have the ability to see just like human vision system. To create a robot with a vision system integrated on it, we need additional module or equipment. This equipment or module is usually expensive. That’s why, it would be better if we can create such a cheap and simple vision system for robotic.

In this final project, a simple vision system especially for robotic has been made. The project is a device which is able to detect and track the location of a colored object. An implementation of image processing algorithm to detect a ball using the benefit image processing features of OpenCV library has been achieved in this final project. Image are captured with a webcam and processed with a PC/laptop afterward. To enable the device to do some maneuver of action, an interface between PC and microcontroller is made to control a servo motor.

Along with this project, may give alternative vision system in many kind of technology platform, especially in robotic. It’s possible that this device will be developed for further implementation of many technology field based on image processing.Keyword: image processing, OpenCV, webcam, microcontroller

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENJEJAK OBJEK BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENDAH TURUNSIH
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini