PERANCANGAN PENGUKUR TINGGI MINYAK PADA BAK PENAMPUNGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK

Heru Prasetyo

Informasi Dasar

611071014
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini dunia khususnya Indonesia sangat membutuhkan minyak bumi sebagai sumber energi. Minyak bumi dapat dipergunakan pada berbagai kegiatan manusia seperti halnya sebagai bahan bakar kendaraan, kebutuhan dapur, dll. Oleh karena itu kebutuhan masyarakat akan minyak bumi harus diperhatikan. Di Indonesia sendiri khususnya pada daerah Cepu dan sekitarnya merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi. Di mana di daerah tersebut banyak sekali sumur – sumur tua yang merupakan tambang minyak bumi. Penghematan dan produksi yang maksimum adalah solusi untuk mengatasi masalah ini. Pengukuran tinggi minyak secara manual pada bak penampungan di sumur-sumur tua minyak bumi sering kali menyebabkan minyak bumi yang telah didapat menguap

Dibutuhkan sebuah alat dan sistem dimana akan mengukur tinggi minyak yang telah didapat pada bak penampungan dengan otomatis. Dengan menggunakan sensor ultrasonik maka ketinggian minyak bumi dalam bak penampungan dapat diukur secara otomatis, dengan melakukan isnisialisasi awal kemudian hasil yang diperoleh akan terbaca oleh mikrokontroler. Dengan AT Command maka modul GSM akan mengirimkan informasi yang akan dikirimkan via SMS (Short Message Service) ke nomor mobile phone yang telah ditentukan yang berisi informasi tinggi minyak dan volume yang terdapat pada bak penampungan.

Dengan adanya alat ini maka tidak perlu lagi dilakukan pengukuran secara manual. Hasil pengukuran juga akan dipertimbangkan dengan koreksi kesalahan yang telah dianalisa.Semakin jauh jarak sensor terhadap bidang pantul maka semakin besar persentase kesalahan. Untuk jarak 10 cm persentase kesalahan adalah 2,2%, sedangkan untuk jarak 80 cm persentase kesalahan sebesar 81,3%. Kemudian agar pemilik sumur atau saham dapat mengetahui secara langsung berapa minyak yang telah diperoleh dan dapat dengan mudah mendata jumlah minyak yang telah diperoleh dengan jangka waktu tertentu.Kata Kunci : sensor ultrasonik, mikrokontroler, AT Command, modul GSM, SMSABSTRACT: Today the world especially Indonesia, in desperate need of petroleum as an energy source. Oil can be used in a variety of human activities as well as a vehicle fuel, groceries, etc. Therefore the demand of petroleum must be considered. In Indonesia, especially in the area and surrounding Cepu is one of the oil producing areas. Where in that area so many the old whells which is a petroleum mining. Savings and maximum production is the solution to this problem. Measurements manually on the oil tanks in old wells often lead to petroleum oil, which has been obtained evaporated.

It takes a tool and system which will measure the height of the oil that has been obtained on the tank automatically. By using the ultrasonic sensor height of oil in the tank can be measured automatically, and the results obtained will be read by the microcontroller. With the AT Command information is sent via SMS (Short Message Service) to a mobile phone number that has been determined that the oil contains high information contained in the tank.

With the existence of this tool is then no longer be measured manually. Measurement results will be considered by the correction of errors that have been analyzed . Then to the owner of the well or shares directly to find out how much oil has been obtained and can easily record the amount of oil that has been acquired by a certain time period.Keyword: ultrasonic sensor, microcontroller, AT Command, SMS

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN PENGUKUR TINGGI MINYAK PADA BAK PENAMPUNGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Heru Prasetyo
Perorangan
Rendy Munadi, Sarwoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini