Rancang Bangun Perangkat Transmiter Pengontrol Palang Pintu Rel Kereta Api Berbasis Mikrokontroler dan GPS

RAHMAT BUDIMAN

Informasi Dasar

611071006
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: GPS adalah suatu sistem navigasi yang berbasis satelit. Sistem ini memberikan data informasi waktu, posisi, ketinggian hingga kecepatan suatu obyek. Data ini diberikan oleh satelit-satelit yang beredar di orbit bumi. Informasi yang diperoleh ini kemudian dapat dibaca melalui PC atau perangkat yang terhubung dengan GPS penerima, dan selanjutnya data tersebut dapat diolah dan dianalisa menyesuaikan kebutuhan. Dalam proyek akhir ini akan dirancang sistem palang pintu rel kereta api berbasis mikrokontroler dan GPS sehingga dapat membantu dalam sistem automatisasi palang pintu kereta api. Dengan menggunakan sistem ini titik titik persilangan kereta api yang tidak terjaga dapat ditempatkan suatu palang pintu yang mampu berkerja automatis terutama di lokasi yang jauh dari pemukiman.

Rancangan dan realisasi perangkat transmitter pengontrol palang pintu berbasis mikrokontroler ini menggunakan GPS (Holux M-215). Perangkat yang direalisasikan berupa hardware palang pintu transmitter yang berfungsi sebagai penerima, pengolah data GPS dan mengirimkan peringatan kereta melalui Handphone dengan metode call. Pada perangkat ini terdapat GPS yang koneksikan dengan dengan mikrokontroler AT89S52. GPS secara otomatis mendeteksi koordinat kereta api dan menampilkannya dalam tampilan LCD (liquid cristal display). Koodinat lokasi kereta tersebut yang akan diolah oleh mikrokontroler, sehingga pada saat kereta mendekati palang pintu maka mikrokontroler AT89C2051 untuk melakukan perintah call pada no palang pintu receiver untuk segera menutup palang. Perintah call ini dilakukan melalui perintah khusus yang dinamakan ATCommand. Melalui Handphone yang terhubung dengan mikro ini maka, perangkat ini mampu mengirimkan sinyal peringatan pada sistem palang pintu penerima yang terhubung pula dengan Handphone.

Pengujian sistem dilakukan mulai dari blok catu daya, data keluaran GPS, level tegangan keluaran GPS dan Handphone, keakuratan data GPS, serta delay sistem. Dari hasil tersebut, menunjukkan semakin cepat perangkat berjalan menimbulkan jarak salah yang makin besar terhadap titik acuan. Pada kecepatan 80km/jam jarak eror sejauh 21.7m Sedangkan waktu untuk proses total pada kecepatan 80 km/jam sekitar 2.663 detik.Kata Kunci : GPS, Palang pintu, Transmiter, mikrokontroler, AT commandABSTRACT: GPS is a navigation system based on satellite. This system give time, position, height untills speed data information of an obyek. This data given by satellites which circulating in earth orbit. Base on this information, then can be read to through PC or peripheral which connected with GPS receiver, and then processed and analysed to accomodate requirement. In this final project will be designed Transmit Controling Latch of Train Device Based on Mikrokontroler and GPS so that can assist in the system of automatisasi train latch. By using this system, cross of railway dan roadway which do not monitored can be placed a latch which capable to work automatis especially in location which rural area dan far from settlement.

Design and realization transmitter controlling latch device is base on this mikrokontroler use GPS (Holux M-215). Realized peripheral in the form of latch hardware transmitter which functioning as receiver and processor of data of GPS and deliver warning signal to the train through mobilephone with call method. At this peripheral there are GPS which connected with AT89S52 mikrokontroler. GPS automatically detect train co-ordinate and display it use LCD (Liquid Cristal Display). The coodinat of the train is processed by mikrokontroler, so when train come in to the latch receiver, AT89C2051 mikrokontroler immediately call latch receiver no to close the latch. This call through special command which named AT command pass through Handphone which connected with mico, this device can deliver warning signal receiver latch system which connects also with Handphone.

Examination of system to start from block power supply, data output of GPS, tension level output of GPS and of Handphone, accuracy of data of GPS, and also system delay. Results of from the examination indicate that faster this device make increace error space to the base point. At 80km/hour speed, eror space as far as 21.7m. In Other case, total call proses at 80 km/hour about 2.663 second.Keyword: GPS, Latch, Transmiter, mikrokontroler, Command AT

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Rancang Bangun Perangkat Transmiter Pengontrol Palang Pintu Rel Kereta Api Berbasis Mikrokontroler dan GPS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMAT BUDIMAN
Perorangan
M. Ary Murti, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini