Prototipe Sistem Pengiriman Informasi Data dari Beberapa Ruangan ke Satu Ruangan Berbasis Mikrokontroler

Yanti Susanti

Informasi Dasar

611070148
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Gedung perkuliahan adalah pusat kegiatan belajar mengajar pada sebuah institusi. Banyak kegiatan yang dilakukan pada gedung perkuliahan. Pada gedung perkuliahan pun terdapat sebuah ruangan pusat tempat mengolah semua kegiatan administrasi dan fasilitas gedung perkuliahan. Contohnya pencetakan daftar hadir, pengaduan kerusakan ataupun permintaan fasilitas belajar mengajar.

Namun ada permasalahan pada gedung perkuliahan jikalau permintaan pada server tersebut harus dilakukan secara manual. Apabila dosen ataupun mahasiswa telah berada di kelas masing-masing tapi ingin berurusan dengan pusat gedung diperlukan cara manual, yaitu mendatangi langsung pusat gedung. Hal itu dirasa kurang efisien karena dapat mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan implementasi berupa alat pengiriman informasi data berbasis mikrokontroler. Sistem ini terdiri dari beberapa slave yang dihubungkan ke master yang ada di pusat gedung perkuliahan. Masing-masing slave diibaratkan dari tiap-tiap kelas yang akan terhubung ke master. Setiap slave terdapat push button sebagai pemberi perintah (request) user. Master berhubungan langsung dengan PC server yang telah terinstal software pendukung, yaitu visual basic dam SQL Server sebagai interface dan database.

Pada Proyek akhir ini terukur tegangan keluaran dari mikro adalah 4.6 volt, sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan mikrokontroler untuk dapat berfungsi. Jarak yang diukur adalah dengan menggunakan kabel 0,5 meter, 1 meter, 1,5 meter, dan 2 meter. Dari pengukuran semua jarak yang di ukur, data dapat disampaikan dengan selang waktu yang berbeda. Pada jarak 0.5 meter dan 1 meter data dapat sampai kurang dari 0,5 detik. Sedangkan pada jarak 1 meter dan 1,5 meter data dapat sampai kurang dari 1 detik. Semakin panjang kabel yang digunakan maka waktu yang dibutuhkan semakin lama. Pada proyek akhir ini secara keseluruhan sistem sudah bekerja.

Kata Kunci : Mikrokontroler, master, slave, databaseABSTRACT: The lecture building is a central of learning and teaching at an institution. There are many activities doing at lecture building. At the lecture building, there is a central room that used to process administration activities and the facilities of the building. For example printing of attendance list, the damage complain, or request of learning facilities.

However, there are problems at the building if the request at the server has to do manually. If the lecturer or the students has been in the each of their class but want to dealing with the central of the building need to do manually, they have to come to the central of the building directly. It was felt less efficient because it could disturb the learning activities.

In this research has been done the design and implementation information data delivery tool based on microcontroller. These systems consist of some slaves, which is connected to the master at the central of building. Each of slave likened each of class that connected to the master. There is a push button at each of slave as the user request giver. The master is connected directly with the PC server that was installed support software, visual basic and SQL Server as an interface and database.

In this final project has been measured the output voltage from microcontroller was 4.6 volt, this result meet requirement with the voltage that used for microcontroller to work. The lengths of cable are 0.5 meter, 1 meter, 1.5 meters, and 2 meters. From the result, data information could be transmitted with different time delay. At 0.5 meter and 1 meter of cable, data could be transmitted less than 0.5 second of delay. Then for 1.5 meter and 2 meters of cable, data could be transmitted less than 1 second of delay. For all the result, the system of this final project has been done successfully.

Keyword: Microcontroller, master, slave, database

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Prototipe Sistem Pengiriman Informasi Data dari Beberapa Ruangan ke Satu Ruangan Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yanti Susanti
Perorangan
Iswahyudi Hidayat, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini