Sistem Parkir Berlangganan Menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler

Rindi Agustin

Informasi Dasar

611070137
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem parkir yang sudah ada saat ini masih bersifat manual, yaitu dengan cara petugas menginputkan nomor kendaraan ke dalam komputer, kemudian di-print. Tiket parkir yang diberikanpun hanya berupa kertas yang berisikan nomor kendaraan dan jam masuk. Transaksi pembayaran yang dilakukan oleh petugas parkir juga kurang efisien, karena tingkat kesalahan petugas saat mengitung biaya parkir dan uang kembalian terbilang tinggi. Dengan adanya berbagai masalah tersebut maka timbul ide untuk membuat suatu sistem parkir berlangganan yang menggunakan RFID sebagai salah satu sensor yang dapat mengidentifikasi identitas pemilik kendaraan berupa nama, nomor kendaraan, alamat, nomor telepon dan saldo.

Cara kerja dari sistem parkir berlangganan ini yaitu tag RFID akan dipasang pada kartu parkir berlangganan, sementara reader RFID akan dipasang pada pintu masuk dan pintu keluar. Reader RFID akan mendeteksi setiap kartu yang akan memasuki area parkir. Hasil pembacaan reader RFID akan dikirimkan secara serial ke PC dan diidentifikasi apakah tag tersebut sudah terdaftar sebagai anggota atau belum. Sistem parkir berlangganan ini menggunakan mikrokontroller ATMEGA 8535 sebagai interface antara RFID dan PC.

Bentuk keluaran yang diharapkan dari pembuatan proyek akhir ini adalah menghasilkan sebuah prototype sistem parkir berlangganan dengan memanfaatkan teknologi RFID. Keluaran dari proyek akhir ini tidak hanya berupa perangkat keras saja, tetapi juga perangkat lunak yang berupa program yang digunakan untuk menjalankan perintah bagi perangkat keras yang ada dan tampilan database yang menggunakan Visual Basic.Net sebagai Interface nya. Perangkat keras yang dihasilkan berupa modul pintu masuk atau modul pintu keluar.

Kata Kunci : RFID, Mikrokontroller ATMEGA 8535, Visual Basic.NetABSTRACT: Existing parking system is currently still manual, in particular vehicle numbers is input by officers into a computer, and then in-print. The parking ticket that given is just a plain paper containing numbers and hours of incoming vehicles. Payment transactions carried out by parking attendants are also less efficient, because the level of official error is still high when counting the cost of parking and the change. through these problems an idea has been triggered to create a parking system subscription using RFID as a sensor that can identify the identity of the owner on the vehicle as a name, vehicles, number , addresses, and balances.

How to subscribe to the work of this parking system is an RFID tag mounted on the vehicle will be registered as a member of the parking subscription, while the RFID reader will be installed at the entrance and exit. RFID reader will detect any vehicle passing through the park gates. The result of RFID reader will be sent serially to personal computer and identified that exist on the server or not. Subscribe parking system uses microcontroller ATMEGA 8535 as a regulator and interface between RFID and personal computer.

Form of the output expected from making this final project is to produce a prototype of a parking system using RFID technology to subscribe. Output expected from this project not only in the form of hardware, but also in the form of software program used to run a command for the existing hardware and database server which using Visual Basic.Net for interfacing. Hardware modules produced in the form of entrance or exit modules.

Keyword: RFID, Mikrokontroller ATMEGA 8535, Visual Basic.net

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Sistem Parkir Berlangganan Menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rindi Agustin
Perorangan
Achmad Rizal, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini