PROTOTIPE PEMUTAR SIRKULASI UDARA OTOMATIS MELALUI DETEKSI KUALITAS UDARA DALAM RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER

Ovina Ambar Sari

Informasi Dasar

611070117
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pencemaran udara oleh kagiatan industri, menurut pakar peneliti, bisa menambah risiko terjadinya kanker pau-paru. Namun, risiko yang ditimbulkan oleh pencemaran udara di luar ruangan ternyata jauh lebih kecil dibandingkan dengan pencemaran di dalam ruangan. Para peneliti membuktikan tingkat polusi udara dalam ruangan lima kali lebih polutif dari pada polusi di kota-kota besar. Para pakar juga mencatat, perlu waktu minimal dua minggu untuk benar-benar mensterilkan suatu ruangan setelah terpolusi udara kotor, seperti sisa pembakaran rokok, debu, bahan kimiawi (pengharum dan pembersih ruangan). Untuk membantu mengatasi polusi udara dalam ruangan diperlukan suatu sistem ventilasi sebagai sirkulasi udara dalam ruangan. Akan tetapi, ventilasi yang biasa digunakan (exhaust fan) kurang efektif untuk mengurangi polusi udara di ruangan dalam hal daya yang digunakan.

Prototipe ini merupakan salah satu solusi alternatif dari berbagai permasalahan tersebut. Prototipe ini bekerja dengan menggunakan sensor TGS-2600 yang mampu mendeteksi kualitas udara dalam ruangan. Jika sensor mendeteksi gas lain selain O2, maka hambatan sensor menurun yang menyebabkan tegangan pada sensor juga menurun karena hambatan berbanding lurus dengan tegangan yang ada pada sensor. Sensor akan memberikan data berupa perubahan tegangan ke ADC yang terdapat pada sismin AVR ATMEGA8535 yang selanjutnya akan ditampilkan pada modul LCD. Tampilan pada LCD menunjukkan kualitas udara saat tertentu dan perubahan tegangan pada keluaran sensor. Jika kualitas udara bersih, maka kipas tidak berputar, sedangkan jika udara terdapat polusi maka kipas akan berputar untuk mensirkulasikan udara agar kembali normal.Kata Kunci : Sensor TGS-2600, mikrokontroller, LCD, exhaust fanABSTRACT: Air pollution by industrial activity, follow expert researcher, can risk increase the happening of lungs cancer. But, risk that evoked by air pollution outside room obvious far smaller is compared with pollution in room. Researchers proves that air pollution level in room is five times more polutif from pollution at metropolis area. Expert also register, necessary minimal time two week to genuinely sterilizes a room after dirty air pollution, like cigarette burning remainder, dust, chemical ingredient (perfume and room cleaner). For helping contend overcome air pollution in room is need a ventilation system as draught in room. But ventilation commonly use (exhaust fan) less effective to decrease air pollution at room in the case of power that used.

This prototype is be one of the alternative solution from various troubleshoot. This prototype works by using censor TGS-2600 that can to detect indoor air quality control. If censor detects gas besides the O2, so censor obstacle decreaseds that causes tension in also decreased because obstacle in proportion to with tension exist in censor. Censor will give data shaped tension change to ADC found on sismin AVR ATMEGA8535 later on will displayed in module LCD. Display of LCD show air quality moment certain and tension change in censor product. If clean air quality, so fan not rolling, while if air found pollution so fan rolling to circulate air so that will return normal.Keyword: Censor TGS-2600, microkontroller, LCD, exhaust fan

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PROTOTIPE PEMUTAR SIRKULASI UDARA OTOMATIS MELALUI DETEKSI KUALITAS UDARA DALAM RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ovina Ambar Sari
Perorangan
Iswahyudi Hidayat, Achmad Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini