RANCANG BANGUN PENGUAT BERDERAU RENDAH MENGGUNAKAN BFR93A PADA FREKUENSI 100 - 1000 MHZ

ENDAH FUJI ASTUTI

Informasi Dasar

611070103
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi telekomunikasi yang telah disediakan saat ini mendukung pengguna untuk saling berkomunikasi tanpa terhalang oleh jarak. Dengan terpenuhinya kemudahan untuk berkomunikasi, pengguna menuntut hal lebih yaitu kualitas dari layanan yang diberikan. Kualitas informasi yang dikirim dan diterima merupakan hal terpenting dalam komunikasi jarak jauh selain akses informasi berkecepatan tinggi.

Pada dasarnya komunikasi jarak jauh sangat rentan terhadap derau yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Dengan adanya derau tersebut dapat mengakibatkan penurunan kualitas dari informasi yang akan diterima oleh pengguna. Dengan kata lain informasi yang dikirim dari sisi pengirim tidak sama dengan informasi yang diterima dari sisi penerima.

Melihat hal diatas, perangkat penguat berderau rendah yang menguatkan sinyal lemah pada sisi penerima merupakan salah satu jawaban untuk memberikan kualitas informasi yang baik bagi pengguna. Dengan terjaminnya kualitas informasi, maka pengguna akan mendapatkan kepuasan dari layanan yang diberikan.

Pada proyek akhir ini dihasilkan suatu perangkat penguat berderau rendah yang menggunakan transistor BFR93A pada frekuensi kerja 100 -1000 MHz dimana nilai dari parameter yang diuji yaitu noise figure ≤ 1,54 dB, gain ≤ 8,19 dB, impedansi terminal input ≤ 61,41+j4,2 Ω dan impedansi output ≤ 26,82+j6,147 Ω, transducer power gain = dB 28.6692,operating power gain =dB 30.5520, available power gain =dB 29.3142

Kata Kunci : Kualitas, Derau, Penguat Berderau RendahABSTRACT: Telecommunication technology is served for supporting user to still keep in touch without the distance problem. Having an easy communication, user want something more which is quality from service are given. Information quality where are sent and received, is the important thing in far distance communication beside information has a high speed access.

Basically far distance communication is very fragile with noise which is getting in the near environment. That noise can make the decrease of information quality which is received by user. In other hand, information which is sent from the side of transmitter is not same with information which is received from the side of receiver.

Seeing the thing above, low noise amplifier which amplifies the weak signal in the side of receiver, is one of the answer to give the good quality information for user. With the guaranty of quality information, so user can get the satisfied from the service which is given.

A LNA with BFR93A on frequency 100 MHz – 1000 MHz which value of parametry is noise figure ≤ 1,54 dB, gain ≤ 8,19 dB, impedansi terminal input ≤ 61,41+j4,2 Ω dan impedansi output ≤ 26,82+j6,147 Ω, transducer power gain = 2 dB 8.6692,operating power gain = 3 dB 0.5520, available power gain = 2 dB

Keyword: Quality, Noise, Low Noise Amplifier

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

RANCANG BANGUN PENGUAT BERDERAU RENDAH MENGGUNAKAN BFR93A PADA FREKUENSI 100 - 1000 MHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENDAH FUJI ASTUTI
Perorangan
Sarwoko, Soetamso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini