Rancang Bangun Auto Stop And Play Charger Untuk Berbagai Tipe Laptop

R. Agung Kusumajati

Informasi Dasar

611070097
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kemajuan teknologi yang terjadi di sekitar kita saat ini membuat kita untuk berusaha mengikutinya. Karena dengan adanya kemajuan teknologi tersebut sangat dapat membantu pekerjaan setiap orang sehari – hari. Berdasarkan hal tersebut, kini telah banyak orang yang menggunakan laptop sebagai perangkat untuk membantu pekerjaannya. Kini penggunanya sangat beraneka ragam, mulai dari anak muda sampai ke orang tua. Kemajuan teknologi yang terjadi itu juga harus diimbangi dengan pemahaman pengguna dalam merawat segala perangkat yang ada di laptopnya.

Berdasarkan dari pengalaman yang terjadi bahwa banyak pengguna yang kurang begitu paham mengenai perawatan baterai laptop yang baik dan benar. Hal yang terjadi adalah banyak pengguna yang sering kali lalai dalam melakukan pencabutan charger dari laptop ketika baterai laptop sudah penuh. Bila charger tidak dicabut dari laptop maka daya akan tetap dikirimkan ke baterai walaupun baterai sudah penuh. Hal tersebut dapat membuat baterai laptop menjadi bocor dan rusak

Melihat hal diatas, perangkat auto stop and play charger merupakan salah satu jawaban untuk menanggulangi hal tersebut. Dengan performa yang maksimum maka akan membantu dalam perawatan baterai dan menghindari terjadinya baterai yang bocor dan rusak.

Secara umum, proyek akhir ini membahas tentang rancang bangun auto stop and play charger untuk berbagai tipe laptop. Sehingga charger laptop akan otomatis berhenti mamberi daya (auto stop) ke laptop ketika baterainya sudah penuh, dan akan otomatis mengisi baterai (auto play) ketika baterai laptop kita hendak kosong. Pengaturan pengisian otomatis tersebut dapat ditentukan sendiri oleh pengguna. Pada rancang bangun auto stop and play charger ini yang akan dilakukan meliputi pembuatan software auto stop and play charger configuration dan hardware yang berfungsi sebagai pemutus dan penyambung tegangan yang dikirimkan dari charger ke laptop.Kata Kunci : baterai, auto, chargerABSTRACT: Advances in technology are happening around us today makes us to try to follow it. Because with the advanced technology could really help people work every day. Based on that, now more people are using laptops as a tool to assist their work. Now users with very diverse, ranging from young children to the elderly. Advances in technology that occurred must also be balanced with an understanding of users in the care of all the devices on the laptop.

Based on the experience that happened that many users do not really know about the laptop battery maintenance of good and true. Thing that happens is a lot of users that are often negligent in performing revocation charger from the laptop when the laptop battery is full. When the charger is not disconnected from the laptop then the power will still be delivered to the battery while the battery is full. This can make laptop batteries become leaky and damaged.

Seeing the above, the device auto-stop and play charger is one answer to solve the problem. With the maximum performance will be helped in the treatment of batteries and to avoid any battery that is leaking and damaged.

In general, this final project discusses the design of stop-and-play auto charger for various types of laptops. So the charger will automatically stop mamberi laptop power (auto-stop) to the laptop when the battery is full, and will automatically charge the battery (auto play) when we want to empty your laptop battery. Automatic charging arrangement can be determined solely by the user. In the design of stop-and-play auto charger this will include making a stop-and-play software auto chargers and hardware configuration that serves as a breaker and junction voltage that is sent from the charger to the laptop. The draft will be united and connected to become a stop-and-play auto charger that can be used in many laptops.Keyword: battery, auto, charger

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Rancang Bangun Auto Stop And Play Charger Untuk Berbagai Tipe Laptop
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R. Agung Kusumajati
Perorangan
M. Ramdhani, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini