Rancang Bangun Prototipe Kunci Elektronik Berbasis Mikrokontroller Sebagai Pengaman Tambahan Pada Mobil

Fiqri Rizky Darmawan

Informasi Dasar

611070096
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Keamanan mobil menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi pemilik mobil. Aspek ini akan menjadi suatu masalah besar bila tidak diperhatikan dengan baik. Masalah yang sering timbul adalah kehilangan yang disebabkan oleh pencurian. Dari masalah yang sering timbul tersebut, memunculkan suatu kekhawatiran bagi pemilik mobil saat harus meninggalkan mobilnya dalam waktu yang lama di tempat umum.

Hal inilah yang mendorong penulis untuk merancang suatu sistem kemanan tambahan yang membuat pemilik mobil merasa tenang saat harus meninggalkan mobilnya. Sistem keamanan mobil yang akan dirancang ini adalah ”Kunci Elektronik Berbasis Mikrokontroller Sebagai Pengaman Tambahan Pada Mobil”. Dalam perancangannya, mobil hanya akan menyala bila dimasukkan suatu password yang benar. Indikator bahwa mobil telah menyala akan terlihat dengan nyala LED. LED ini terhubung dengan suatu relay yang berfungsi sebagai switch. Pada saat posisi relay ON, LED akan menyala. Posisi relay ini akan menjadi ON saat password yang dimasukkan benar. LED tidak akan menyala walaupun pemilik kunci mobil mencoba untuk menstater mobil, sebelum password yang dimasukkan benar. Sebelum password dimasukkan, kunci elektronik ini harus menyala terlebih dahulu dengan menggunakan kunci mobil pemiliknya. Kunci mobil ini berguna sebagai saklar penghubung antara catuan accumulator dengan kunci elektronik. Saat accumulator mulai dicatu oleh mobil, kunci elektronik akan menyala dan user harus memasukkan suatu password yang benar agar mobil dapat dijalankan. Password yang dimasukkan berupa angka – angka dari keypad 3x4 yang terpasang pada rangkaian. Password yang dimasukkan tersebut akan tampil di suatu LCD 2x16 characters dengan tampilan karakter bintang (). Password default di set terlebih dahulu untuk kemudian disimpan ke mikrokontroller. Password ini bisa diubah sesuai dengan keinginan user tanpa harus load ulang program. Sistem ini dilengkapi juga oleh suatu alarm bila password yang dimasukkan salah sebanyak tiga kali. Komponen yang digunakan untuk alarm ini berupa buzzer.

Dalam proses perancangan perangkat kerasnya, penulis menggunakan accumulator dan kunci mobil yang sebenarnya. Accumulator yang digunakan memiliki arus sebesar 32 ampere dan tegangan sebesar 12 volt. Untuk menurunkan tegangan dan arus keluaran dari accumulator tersebut digunakan rangkaian volt regulator. Hasil yang didapat dari keluaran rangkaian volt regulator ini adalah 5,02 volt untuk tegangannya dan 1,14 ampere untuk arusnya. Keluaran yang dihasilkan ini sudah cukup untuk digunakan sebagai catuan masukkan ke rangkaian sismin.Kata Kunci : sistem keamanan tambahan mobil, mikrokontroller, relay, LED, keypad, password, LCD, buzzer.ABSTRACT: Car security become a part of very important aspect for owner of car. This aspect will become a big problem if the owner does not notice well. Problem of which often arise is loosing because of robbing. From this problem that often arise, taking out an afraid for the owner when have to leave her car for a long time in public place.

This problem that motivate writer to design an additional security system of car that make the owner’s feel relax when must to leave her car. Car security system that will be designed was “Electronic Key Base on Microcontroller as Additional Security in a Car”. In its scheme, car will only turn on when entered a correct password. The indicator that car have turned on could seen the LED is on. This LED connect with relay of which function as a switch. When the relay turn into position ON, the LED will turn ON too. This position of relay will turn into position on when the password entered was correct. LED will not turn into position on although the owner of car key try to starter the car, before the owner enter the correct password. Before password entered, this electronic key must be turned into position on using the owner car key. This car key useful as a electric switch that connect ration of accumulator with electronic key. When accumulator start to be rationed by car, electronic key will turn on and user must enter a correct password in order to the car can be turn into position on. Password that entered in the form of number – number of keypad 3x4 that attached to this circuit. Password that entered will appear in a LCD 2x16 characters with star (
) characters appearance. Default password is set before, for the next to save in mikrocontroller. This password can be change as user want without have to reload the program. This system also equipped with an alarm when password that entered was wrong as many as three times. The component that used for this alarm is buzzer.

In the process of hardware design, writer use a real accumulator and car key. Accumulator that used by writer have 32 ampere in current and 12 volt in voltage. For reducing the voltage and current from accumulator, writer use volt regulator. The output result from volt regulator are 5,02 volt for the voltage and 1,14 ampere for the current. This result is enough to use as input to Sismin.Keyword: Car security system, microcontroller, relay, LED, Keypad, password, LCD, Buzzer

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Rancang Bangun Prototipe Kunci Elektronik Berbasis Mikrokontroller Sebagai Pengaman Tambahan Pada Mobil
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fiqri Rizky Darmawan
Perorangan
M. Ramdhani, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini