RANCANG BANGUN SISTEM SLOTTED LINE UNTUK FREKUENSI 500MHz-3GHz

Rininta

Informasi Dasar

611070083
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Microwave slotted line atau saluran bercelah gelombang mikro merupakan alat ukur dasar yang dapat digunakan pada rentang frekuensi 500 MHz - 3 GHz. Dengan slotted line, pola gelombang berdiri dari medan listrik di jalur transmisi koaksial dapat ditentukan dengan lebih mudah.

Konfigurasi sistem slotted line terdiri dari beberapa blok yaitu generator sinyal, sirkulator, slotted line, dan multimeter. Slotted line yang akan dibuat pada proyek akhir ini akan direalisasikan menggunakan pipa alumunium dengan satu konduktor.

Spesifikasi teknik yang diinginkan dari slotted line dalam proyek akhir ini yaitu berimpedansi karakteristik 50 Ω, VSWR ≤ 1,5, berwadah alumunium, dapat beroperasi pada frekuensi 500 MHz - 3 GHz dan menggunakan kapur sebagai bahan dielektrik. Hal terpenting yang dihadapi dalam pembuatan slotted line ini adalah bagaimana merancang bahan pengisi saluran agar diperoleh impedansi karakteristik sebesar 50 Ω.

Tujuan dari proyek akhir ini adalah menghasilkan slotted line yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran saluran transmisi dan juga sebagai simulasi praktikum di Laboratorium Dasar Transmisi, Institut Teknologi Telkom. Slotted line yang akan dibuat dirancang untuk memperbaiki sistem slotted line yang telah ada. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah pengukuran konstanta bahan dan analisis.Kata Kunci : Impedansi karakteristik, dielektrik, slotted line.ABSTRACT: Microwave slotted line or microwave slotted channel is a basic measuring tool that can be used in the frequency range 500 MHz - 3 GHz. With a slotted line, the standing wave pattern of the electric field in coaxial transmission lines can be determined more easily.

Slotted line system configuration consists of several blocks, there are signal generator, circulator, slotted line, and sliding voltmeter. Slotted line that will be made on this final project will be realized by using aluminum pipe with one conductor.

Technical specifications of the microwave slotted line in the final project there are 50Ω characteristic impedance, with alumunium pipe, working frequency 500MHz-3GHz and using lime dielectric material. The most important thing in making this slotted line is how to design the material in order to obtain the characteristic impedance of 50 Ω.

The aim of this project are to produce a slotted line which can be used as study materials and also as a transmission line simulation in the Dasar Transmisi Laboratory, Telkom Institute of Technology. Slotted line that will be made is designed to improve the existing slotted. The method used in this design are material constant measurement and analysis.Keyword: Characteristic impedance, dielectric, slotted line.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM SLOTTED LINE UNTUK FREKUENSI 500MHz-3GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rininta
Perorangan
Arfianto Fahmi, Teha Tearalangi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini