RANCANG BANGUN SISTEM OTOMASI PEMBERI MAKAN IKAN BERBASIS MEKANIKA DAN MIKROKONTROLER

Cindi Novianti Putri Ujianto

Informasi Dasar

611070074
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Merawat ikan pada musim liburan merupakan masalah tersendiri bagi para penggemar ikan hias. Karena pada periode demikian banyak sekali yang ingin bepergian ke luar kota dan terpaksa harus meninggalkan ikannya untuk sementara waktu. Maka sebuah alat pensuplai pakan otomatis akan bisa membantu. Alat ini diatur sedemikian rupa sehinggga pakan akan jatuh ke dalam akuarium pada periode tertentu untuk mempermudah adanya pemberian makan pada ikan dengan memanfaatkan fungsi dari sebuah mekanika dan mikrokontroler.

Mikrokontroler berperan sebagai pengatur timer untuk perputaran wadah penakar. Mikrokontroler dihubungkan dengan sebuah RTC (Real Time Clock) sebagai penyesuai waktu pemberian pakan ikan dengan real time. Alat otomasi ini memiliki dua bagian, yaitu wadah utama berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan ikan. Dengan memanfaatkan sistem mekanika, wadah penakar dapat berputar dengan bantuan motor servo yang akan menggerakkan bagian permukaan penakar makanan ikan yang berbentuk seperti roda, dipasangkan sangat rapat dengan wadah utama sebagai tempat cadangan makanan ikan. Motor servo akan menggerakkan penakar tersebut sesuai arah jarum jam sehingga makan ikan akan jatuh ke dalam akuarium dan penakar kembali ke posisi semula. Alat ini dihubungkan dengan limit switch yang digunakan untuk menghentikan perrputaran motor servo, serta buzzer yang berfungsi sebagai penanda bahwa makan ikan dalam wadah utama telah habis.

Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, alat otomasi ini tidak dapat bekerja untuk makanan ikan yang memiliki diameter besar, karena keterbatasan mekanika serta bentuk perangkat sehingga makanan ikan sebagian masuk ke dalam poros dan kinerja motor akan terhambat. Kecepatan putaran yang ditetapkan dalam alat otomasi ini diambil dari kecepatan PWM, yaitu D8 hexa atau 216 desimal. Sedangkan waktu yang dibutuhkan roda untuk kembali ke posisi awal adalah 160 milidetik setelah bersentuhan dengan limit switch. Antara putaran satu dengan putaran selanjutnya, ditetapkan delay 5 detik untuk pengisian kembali tempat penakar.Kata Kunci : mikrokontroler, RTC, motor servo.ABSTRACT: Caring a fish in a holiday time is a self trouble for the guppies fans. Because at that period many people want to go outside and forced to leaving his fish for a while. Then an automatic feeding device can help that. This device is conditioned so the feed will fall into the aquarium at some period to make fish feeding easily with take advantage from the mechanic and microcontroller function.

Microcontroller take part as timer setter for a draught vessel turnover. Microcontroller connected with an RTC (Real Time Clock) as a fish feeding time adjustment and a real time. This automation device has two parts, that is main vessel has function as a fish feed backup place. With take advantage from the mechanic system, draught vessel can turnover with motor servo assistance which will activated the surface of fish feeding draught which shaped as a wheel, tide densely with main vessel as a fish feed backup place. Motor servo will activated that draught as a hour hand turnover so fish feed will fall into the aquarium and draught will get back at first. This device connected with limit switch which used for stopping motor servo turnover, and buzzer which has function as a sign that the fish feed in the main vessel was empty.

Based on experiment was done, the automation device can’t work for the big size of fish feeding, because of the mechanical limitation and the shape of the device so that several fish feed fall into axis and its make the motor doesn’t work well. Turnover velocity which determined in this automation device taken from PMW velocity, that is D8 hexadecimal or 216 decimal. As for the time that the wheel needed to get back at the first position is 160ms after touched with limit switch. Between first turnover and the next turnover, determined delay 5 second for filling the vessel back.Keyword: microcontroller, RTC, servo motor.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM OTOMASI PEMBERI MAKAN IKAN BERBASIS MEKANIKA DAN MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Cindi Novianti Putri Ujianto
Perorangan
M. Ramdhani, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini