Evaluasi Area Cakupan Wireless LAN di IT Telkom

Ika Febrianita Sari

Informasi Dasar

611070065
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Wireless LAN merupakan suatu jaringan area lokal tanpa kabel dimana media transmisinya menggunakan frekuensi radio (RF) dan infrared (IR), untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh penggunadalam area disekitarnya yang dipancarkan oleh sebuah alat yang dikenal dengan Access point. Di Institut Teknologi Telkom (ITT) sendiri, keberadaan Wireless LAN sangat memberikan manfaat bagi seluruh civitas akademika, yakni dalam pengadaan layanan internet secara wireless. Namun, penyebaran sinyal wireless di ITT belum tersebar dengan merata. Banyak tempat yang umumnya sering dilalui mahasiswa memiliki sinyal Wi-fi yang rendah bahkan terkadang tidak terdapat sinyal sama sekali.

Dalam Proyek akhir ini dibahas mengenai pemetaan terhadap access point yang terdapat di ITT. Software yang digunakan adalah Geographic Information System (GIS) yakni software yang didesain untuk pemetaan, manajemen dan permodelan suatu wilayah yang beguna untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan perencanaan kerja di wilayah tersebut berdasarkan data yang yang sudah didapat. Software lain yang digunakan adalah Netstumbler yang berguna untuk wardriving (tindakan mencari Wi-fi oleh seseorang di kendaraan yang bergerak, menggunakan komputer portabel atau PDA), Memeriksa konfigurasi jaringan, Menemukan lokasi dengan cakupan miskin dalam WLAN, Mendeteksi penyebab gangguan nirkabel. Pada proyek akhir ini, dilakukan pemetaan daerah Institut Teknologi Telkom menggunakan software GIS. Kemudian dilakukan pelacakan sinyal di setiap sudut institusi menggunakan software Netstumbler yang kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam software GIS yang kemudian dapat diihat hasilnya apakah penyebaran sinyal yang saat ini ada telah merata atau sebaliknya.

Dengan proyek akhir ini dapat diketahui area mana saja yang bisa atau tidak bisa mengakses WLAN, meningkatkan kualitas penyebaran sinyal Wi-Fi di ITT agar tidak terjadi penumpukan sinyal atau blank spot yang tidak semestinya hingga dapat dilakukan optimasi jaringan.Kata Kunci : Wireless LAN, Netstumbler, GIS, access pointABSTRACT: Wireless LAN is a wireless local area network where the transmission medium using radio frequency (RF) and infrared (IR), to give a network connection to the entire surrounding area penggunadalam emitted by a device known as the Access Point. Telkom Institute of Technology (ITT) itself, the existence of Wireless LAN is very beneficial for the entire academic community, namely the provision of wireless internet service. However, the spread of wireless signals in the ITT has not been spread evenly. Many places that generally have the students often go through a Wi-Fi signals are low and sometimes there are no signals at all

In this final project discusses the mapping of the access point contained in the ITT. Software used is Geographic Information System (GIS) software that is designed for mapping, management and modeling of an area that beguna to solve a problem and planning work in the region based on data already obtained. Other software used is useful for wardriving Netstumbler (for Wi-fi action by someone in a moving vehicle, using portable computers or PDAs), network configuration Checking, Find locations with poor coverage in a WLAN, Detecting causes of wireless interference. In this final project, carried out regional mapping Telkom Institute of Technology using GIS software. Then do the tracking signal in every corner of the institutions using Netstumbler software that then the results incorporated into the GIS software which can then be diihat result if the current spread of the signal that there has been uneven, or vice versa.

The final project is expected to note any areas that can or can not access the WLAN, improve the quality of the spread of Wi-Fi signal in order to avoid congestion ITT signal or a blank spot that should not be done until the network optimization.Keyword: Wireless LAN, Netstumbler, GIS, access point

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Evaluasi Area Cakupan Wireless LAN di IT Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ika Febrianita Sari
Perorangan
Asep Mulyana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini