PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK SMK PERSADA TERINTEGRASI DENGAN SMS GATEWAY DAN RFID

Aitzas Ikhsan

Informasi Dasar

611070057
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seringnya terjadi keterlambatan rekap nilai dan kehadiran di SMK Persada yang menyebabkan terlambatnya penerbitan raport siswa. Selain itu, tidak terkoordinirnya kehadiran guru dalam proses mengajar sehingga merepotkan staf tata usaha dalam mengurus honor guru. Hal – hal ini terjadi karena sistem yang digunakan di SMK Persada masih serba manual. Oleh karena itu pembuatan proyek akhir ini akan menguraiakan dan mengimplementasikan sistem informasi manajemen akademik yang terintegrasi dengan SMS gateway dan RFID. Tujuannya untuk mempersingkat proses presensi guru, rekap kehadiran guru, proses presensi siswa, rekap kehadiran siswa dan rekap nilai siswa.

Pada Proyek Akhir ini sistem informasi manajemen akademik yang dibuat berupa aplikasi web server yang terintegrasi dengan SMS gateway dan RFID yang dibangun dengan bahasa pemprograma PHP untuk pemodelan sistem dan basis datanya menggunakan MySQL. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas dalam pengolahan informasi kehadiran siswa, nilai siswa, kehadiran guru dan penyebaran informasi dari sekolah. Hasil dari data pengolahan diatas dapat dilihat di website sebagai media publikasi.

Aplikasi ini memiliki fungsionalitas dalam pengolahan sistem informasi manajemen di SMK Persada. Proyek akhir ini menyimpan data siswa, mengolah nilai siswa, dan mengatur iuran siswa. Sementara di sisi guru akan dipermudah dalam merekap kehadiran siswa, input dan olah nilai siswa. Bagi orang tua siswa, mereka dapat memantau kehadiran, nilai, dan iuran anaknya.Kata Kunci : PHP, MySQL, web server, SMS gateway, RFIDABSTRACT: Frequent delays recap values and the presence of the SMK Persada which causes delays in the issuance of student report cards. Also, do not terkoordinirnya teacher attendance in the teaching process so cumbersome administrative staff in the care of teachers' salaries. This - this is because the system used in vocational Persada still completely manual. Therefore, making this final project will menguraiakan and implement academic management information systems that integrate with SMS gateways and RFID. The goal is to shorten the process of teacher presence, teacher presence recap, the presence of students, student attendance and recap recap of student.

In this Final Project management information systems academic who made a web application server that integrates with the SMS gateways and RFID are built with PHP pemprograma language for modeling systems and databases using MySQL. This application has functionality in the processing of information on school attendance, the student, teacher attendance and dissemination of information from the school. Results of processing data are available online at the website as a medium of publication.

This application has functionality in the processing of management information systems at SMK Persada. This final project storing student data, processing of student, and set tuition. While on the side of teachers will be facilitated in the presence of students recapitalize, and if the value of student input. For parents of students, they can monitor attendance, grades, and his contributions.Keyword: PHP, MySQL, web server, SMS gateway, RFID

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK SMK PERSADA TERINTEGRASI DENGAN SMS GATEWAY DAN RFID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aitzas Ikhsan
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini