PERANCANGAN SISTEM PENGIRIMAN LAPORAN KESEHATAN DARI PUSKESMAS KE DINAS KESEHATAN BERBASIS SMS GATEWAY

ERIKA KUSUMASARI ROSITA

Informasi Dasar

611070056
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kegiatan rutin yang dilakukan Puskesmas salah satunya adalah memberikan laporan hasil kesehatan masyarakat yang berobat ke puskesmas tersebut dan kegiatan-kegiatan lainnya ke Dinas Kesehatan. Tugas ini akan semakin berat jika Puskesmas tersebut berada di daerah yang terpecil dan susah dijangkau, serta tidak terjangkaunya internet diwilayah tersebut. Admin dari puskesmas harus menempuh perjalanan yang lama dan menghabiskan biaya yang mahal. Lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan berkas ini menjadi masalah tersendiri jika adanya wabah penyakit yang harus segera mendapatkan bantuan dari Dinas Kesehatan.

Pada proyek akhir ini dibuat sistem yang membantu memecahkan masalah tersebut dengan penggunaan SMS Gateway dan Website. Cara ini dipilih karena dengan sms, biaya yang dikeluarkan kecil dan dapat dilakukan dimana saja asal terdapat sinyal yang mendukung. Penggunaan website sendiri adalah sebagai interface yang dapat mempermudah pemasukkan data dan menampilkan hasil keluaran dari data yang telah masuk ke database admin.

Dengan pengiriman laporan kesehatan menggunakan sms ini puskesmas jauh lebih hemat dalam biaya dan juga tenaga. Dari data analisa yang telah dilakukan, hanya dengan 1 kali sms atau maksimal 3 kali sms saja data laporan dari Puskesmas dapat sampai ke Dinas Kesehatan lebih cepat tetapi juga akurat kebenarannya sehingga dapat mengatasi masalah puskesmas yang letaknya terpencil

Kata Kunci : Php, My SQL, SMS , SMS GatewayABSTRACT: Filter is a device that can perform signal transmission with a certain frequency and other frequency damping. Filters are a very important block in a radio communication system, because the filter filters and makes the desired signal (passband) and reduces unwanted signal (stopband). In a system of radio transmitter or receiver, from the baseband to RF section, the filter will always be met.

In this final project will be designed with a Band Pass Filter (BPF) Chebyshev at a frequency of 2110 MHz - 2170 MHz that are realized by microstrip line, which is a channel which consists of the groundplane, the substrate with certain characteristics, and the strip conductor. Type of substrate used is Duroid 5880 with Roger dielectric constant (ε_r) = 2.20, substrate thickness t = 0.035 mm, and loss tangent 0.0009.

BPF measurement is done by using the Network Analyzer, so as to obtain the characteristics of the filter that has been created are, frequency 2110 MHz – 2170 MHz with 60 MHz bandwidth, insertion loss of 0,3 dB, return loss more than 14 dB, Standing Wave Ratio (SWR) less than 1,2, ripple less than 0,2 dB, loss for stopband frequency of 40 dB, and terminal impedance 50 Ohms. The results from measuring the desired parameters are: band frequency 2087,6235 MHz – 2166,8 MHz with 79,1765 MHz bandwidth, insertion loss of 4.3104 dB, 31,114 dB return loss, Standing Wave Ratio (SWR) 1.1002, 1,0927 dB ≤ ripple ≤ 2,2719 dB, loss for stopband frequency are 30,366 dB for flow = 2048,0352 MHz and 34,495 dB for fhigh= 2206,3882 MHz, and terminal impedance 54,104 + j 1,4090 Ohms.Keyword: Php, My SQL, SMS , SMS Gateway

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENGIRIMAN LAPORAN KESEHATAN DARI PUSKESMAS KE DINAS KESEHATAN BERBASIS SMS GATEWAY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERIKA KUSUMASARI ROSITA
Perorangan
Yudha Purwanto, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini