PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA PLANAR DENGAN TIGA ELEMEN PATCH BERCATUAN MICROSTRIPLINE APLIKASI CAR-MOUNTED ANTENNA PADA INTELLIGENT TRANSPORTATION SYSTEM FREKUENSI (2,3 - 2,4) GHz

Hanindya Permatasari

Informasi Dasar

611070048
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: ITS (Intelligent Transportation System) secara umum terdiri dari dua sistem yaitu Intelligent Infrastructure System dan Intelligent Vehicle System. Terutama dalam Intelligent Vehicle System, antena mobil memegang peranan penting dalam pengiriman dan penerimaan informasi yaitu sebagai transformator gelombang elektromagnetik yang dilewatkan pada saluran transmisi dari dan menuju ruang bebas. Standard protokol yang sudah digunakan adalah standard IEEE 802.11 dengan frekuensi 5,8 GHz dan 1,8 GHz DSRC. Namun kelemahan dari standard tersebut adalah layanan dengan jarak cakupan yang terbatas pada kurang dari 500 yard (450 meter). Oleh sebab itu, dewasa ini ITS dengan menggunakan jaringan infrastruktur lebih baik dan mencakup jarak yang lebih jauh sedang dikembangkan dengan menggunakan standard IEEE 802.16 atau yang lebih dikenal dengan Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access).

Antena berukuran kecil, tipis dan berbobot ringan adalah jenis antena yang dibutuhkan untuk kondisi ruang mobil modern. Dimana seiring dengan meningkatnya jumlah perangkat elektronik yang tertanam di dalam mobil menjadikan ruang dalam mobil terbatas. Spesifikasi yang dibutuhkan adalah terutama antena tersebut mempunyai bandwidth minimal 30 MHz pada batas nilai VSWR 1.5, gain minimal 4 dBi pada frekuensi resonannya, pola radiasi bidireksional dan polarisasi linear.

Pada Proyek Akhir ini telah dirancang dan direalisasikan antena planar bercatuan microstrip line dengan tiga elemen patch yang bekerja pada range frekuensi (2,3 – 2,4) GHz. Hasil pengukuran yang diperoleh adalah antena tersebut menghasilkan karakteristik dengan spesifikasi bandwidth sebesar 66.5 MHz pada batas nilai VSWR ≤ 1.5, berpola radiasi bidireksional,polarisasi elips dengan gain pada frekuensi resonan sebesar 5.43 dBi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antena yang telah direalisasikan ini memenuhi karakteristik car-mounted antenna pada ITS.

Kata Kunci : Antena Planar, Elemen Patch, ITS, Microstrip Line, WiMAXABSTRACT: Generally, ITS (Intelligent Transportation System) consists of two main systems are Intelligent Infrastructure System and Intelligent Vehicle System. Especially in Intelligent Vehicle System, antenna has an important role as an information transmitter and receiver device in order to transform guided wave into free space wave and vice versa. Standard protocol in ITS that have been implemented is IEEE 802.11 DSRC in 5,8 GHz and 1,8 GHz range frequencies. But, this standard only supports a short distance range services less than 500 yard. According to that problem, now ITS with better infrastructure and longer distance services are being developed using IEEE 802.16 standard protocol or commonly called as Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access).

Antenna with small size structure, thin shape and lightweight is desired for cars. According to the increase in number of miniaturization of electronic devices installed in car makes limited spaces. Specifications such as 30 MHz minimal bandwidth in 1.5 VSWR, 4 dBi minimal gain for its resonant frequency, bidirectional radiation pattern and linear polarization are mainly desired for car-mounted antenna.

In this final project, designed and realization a planar antenna with three patch element fed by microstripline which can operation in range frequency (2,3-2,4)GHz is applied. The result of characteristics measurement are 66.5 MHz bandwidth in ≤ 1.5 VSWR value, bidirectional radiation pattern, ellips polarization and gain 5.43 dBi for its resonant frequency. So it can conclude that realization of planar antenna fulfilled the characteristics of a car-mounted antenna within ITS.

Keyword: : ITS, Patch Element, Planar Antenna, Microstripline, Wimax

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA PLANAR DENGAN TIGA ELEMEN PATCH BERCATUAN MICROSTRIPLINE APLIKASI CAR-MOUNTED ANTENNA PADA INTELLIGENT TRANSPORTATION SYSTEM FREKUENSI (2,3 - 2,4) GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hanindya Permatasari
Perorangan
Budianto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini