IMPLEMENTASI APLIKASI SMS GATEWAY PADA TRANSAKSI PEMBELIAN PRODUK KESEHATAN TIANSHI ( STUDI KASUS : STOKIS 401 KOSAMBI BANDUNG)

RIZKA AMALIA

Informasi Dasar

611070035
302.23
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Tianshi merupakan sebuah perusahaan network marketing yang bergerak di bidang kesehatan. Proses distribusinya dilakukan langsung oleh seorang distributor secara personal. Tugas seorang distributor adalah mempromosikan produk kesehatan kepada para calon konsumen dan melayani pemesanan konsumen untuk produk kesehatan Tianshi, dimana perusahaan Tianshi sudah tersebar di berbagai kota di 180 negara. Di Indonesia sendiri sudah ada di puluhan kota besar, termasuk Bandung. Transaksi pembelian produk kesehatan tersebut dilakukan di stokis. Stokis 401 Kosambi Bandung adalah salah satu tempat yang menyediakan produk-produk kesehatan Tianshi. Tetapi banyak distributor membutuhkan bantuan untuk melakukan transaksi pembelian produk yang fleksibel yang bisa dilakukan tanpa harus datang langsung ke stokis mengingat distributor bisa berada dimana saja sewaktu melayani konsumen.

Pada proyek akhir ini dirancang suatu sistem yang memanfaatkan layanan SMS Gateway yang dapat membantu distributor melakukan transaksi jarak jauh tanpa mempersulit pembayarannya. Sistem dapat direalisasikan dengan penggunaan SMS Gateway melalui Gammu dan Website yang berbasis PHP dan MySQL dan pembayaran transaksi melalui SMS Banking. Hal ini karena dengan SMS, biaya yang dikeluarkan kecil dan dapat dilakukan dimana saja selama masih didalam daerah cakupan. Tujuan pembuatan website adalah untuk menampilkan hasil keluaran dari data yang telah masuk ke database admin dan sebagai database mengenai stok produk stokis.

Diharapkan dari proyek ini adalah dapat terealisasinya transaksi pembelian produk kesehatan yang dapat diakses melalui SMS Gateway sehingga dapat berguna untuk membantu kegiatan para distributor.Kata Kunci : SMS , SMS Gateway, Gammu, SMS Banking, PHP, MySQLABSTRACT: Tianshi is a network marketing company engaged in the field of health. The distribution process is done directly by a distributor personally. The distributor promote the Tianshi health products to prospective customers and serve customers ordering it.

Tianshi company itself has been spread in various cities in 180 countries, including Indonesia. In Indonesia , Tianshi had already exist in dozens of major cities and Bandung also included. The Tianshi product can be purchased in a store called stockist. Stockist Kosambi 401 Bandung is one of it. But in facts, many distributors need help to make the purchasing process more flexible, that can be done without coming to stockist. So, the distibutor can serving the costumer, anytime and anywhere.

On this final project, the writer had design a system that use the SMS Gateway methods. The system itself can help the distributors conduct the transactions remotely,without any payment problems.The system can be realized by using Gammu, Web-based PHP and MySQL. This system in created because with SMS, all the transaction procedure can be done anywhere in operator coverage area. The outcome data and the stockist's product inventory can be displayed on website as admin database.

The writer hopes that the result of this project can help the distributors to serve the consumer efficiently.Keyword: SMS , SMS Gateway, Gammu, PHP, MySQL

Subjek

Information Media
 

Katalog

IMPLEMENTASI APLIKASI SMS GATEWAY PADA TRANSAKSI PEMBELIAN PRODUK KESEHATAN TIANSHI ( STUDI KASUS : STOKIS 401 KOSAMBI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKA AMALIA
Perorangan
Hafidudin, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini