IMPLEMENTASI SISTEM BILLING NOMOR SLI PSTN MELALUI VOIP MENGGUNAKAN ASTERSIK SOFTSWITCH

AMIRUL ADLI SUTANTYO

Informasi Dasar

611070031
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring perkembangan jaman kebutuhan manusia akan teknologi semakin meningkat, kebutuhan tersebut adalah dalam hal berkomunikasi. Banyak perusahaan yang ingin berkomunikasi dengan rekan bisnis maupun anak perusahaan yang berada di Negara lain. Untuk mengatasi masalah tersebut banyak alternative yang dapat digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan VOIP, semakin hari VOIP semakin menunjukkan kualitasnya. Teknologi yang merubah sinyal analog ke digital kemudian melakukan paketisasi dan mentransmisikan melalui jaringan IP ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan PSTN. Keuntungan dari teknologi VOIP ini adalah teknologi ini dapat dibuat dengan biaya yang rendah.

Pada proyek akhir ini, penulis merancang suatu system dengan mengubah nomor panggilan VOIP dari jaringan yang berbeda, sehingga terbaca no panggilan local pada telepon tujuan yang berada pada jaringan PSTN. Dalam implementasinya system terdiri dari dua perangkat laptop berbasis VoIP dan aplikasi softphone, sebuah perangkat telepon analog, dan sebuah PC berbasis Billing server dan asterisk softswitch, sedangkan pada billing systemnya penulis berpatokan pada billing TELKOM yang sudah ada untuk tarif PSTN.

Pada percakapan interlokal menggunakan VoIP, tarif yang didapat akan lebih murah. Untuk melakukan percakapan menggunakan VoIP perlu dilakukan pengaturan pada asterisknya terutama pada trunking untuk protokolnya menggunakan IAX. Tarif yang didapat berdasarkan pada waktu dan zonanya, pada zona III didapat tarif tertinggi yaitu Rp. 4275 pada pukul 07.00 – 20.00 dan lama panggilan kurang lebih 2 menit. Untuk teknologi VoIP yang sudah ada yaitu skype, dalam melakukan panggilan ke PSTN lebih rumit dan biaya yang lebih mahal, karena dalam 2 detik percakapan sudah mengeluarkan Rp 2000
Kata Kunci : A2Billing, VoIPABSTRACT: Over time the human need for the development of technology is increasing, the needs are in terms of communicating. Many companies want to communicate with business associates and subsidiaries are located in other countries. To overcome this problem a lot of alternatives that can be used. One way is to use VOIP, the day of the show quality VOIP. Technologies that transform the analog signal to digital and then do paketisasi and transmits it via the IP network will be the right choice to replace the PSTN. Advantages of VOIP technology is this technology can be made at low cost.

At the end of this project, the authors designed a system by changing the number of VOIP calls from different networks, so read no local calls at the destination phone is on the PSTN network. The system implementation consists of two devices and laptop-based VoIP softphone applications, an analog telephone device and a PC-based billing server and asterisk softswitch, billing systemnya while the author based at an existing Telkom billing for PSTN tarif.

At interlocal calling using VoIP tariff which was get will be cheaper. For make calling using VoIP needs setting in asterisk especially in trunking, for it’s protocol using IAX. Tariff which was get based on it’s time and zone, in zone III the highest tariff is Rp. 4275 at 07.00 – 20.00 and call duration less than 2 minutes. For VoIP technology which existed is skype, for making call to PSTN is more difficult and more expensive, because in 2 second duration of calling the tariff is Rp. 2000
Keyword: A2Billing, VoIP

Subjek

Otomation
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM BILLING NOMOR SLI PSTN MELALUI VOIP MENGGUNAKAN ASTERSIK SOFTSWITCH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMIRUL ADLI SUTANTYO
Perorangan
Rendy Munadi , Agus Ganda Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini