APLIKASI BERITA PADA BREW BERBASIS RSS FEED

ATIKA PRAMIARDANI

Informasi Dasar

611070005
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sekarang ini, jaringan teknologi berkembang dengan pesat tidak hanya dari sisi perangkat, tetapi juga dari sisi aplikasi dan sistem transmisi yang digunakan. Semakin lama kebutuhan informasi semakin beragam. Masyarakat Membutuhkan informasi yang up to date dan cepat, terutama untuk daerah metropolitan dengan populasi yang sangat padat dan aktivitas yang sangat beragam. Untuk itu diperlukan suatu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan pembuatan aplikasi berita pada Brew yang berbasis RSS Feed.

BREW (Binary Runtime Environment for Wireless) adalah platform pengembangan dan penggunaan aplikasi media mobile yang sangat luas, mulai dari informasi atau berita berbasis teks, full-track musik, ringtones sampai video dan game. BREW memiliki kelebihan seperti running program yang relatif singkat dan performansi penggunaan memori yang lebih kecil bila dibandingkan dengan platform pengembangan aplikasi mobile lainnya seperti J2ME. Sedangkan RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS.

Pada proyek akhir ini, aplikasi Brew yang dibuat berupa aplikasi Portal News, yaitu sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membaca berita dari media baca online. Aplikasi ini memiliki lima buah menu utama. Masing-masing menu utama terbagi menjadi beberapa sub menu. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan BREW SDK v.315, BREW SDK Tools 1.0.1, ARM Development Suite 1.2 untuk kompilasi bahasa C ke bahasa mesin, dan Microsoft Visual Studio 2005 sebagai IDE. Untuk jaringan internetnya menggunakan salah satu jaringan operator telekomunikasi CDMA.

Parameter yang dianalisa adalah kecepatan waktu akses dari aplikasi yang telah dibuat mulai dari awal menampilkan headline berita sampai menampilkan isi berita secara keseluruhan dan penggunaan memori aplikasi. Dari hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi Portal News telah berhasil diuji pada simulator. Fungsionalitas aplikasi sudah dapat berjalan sesuai dengan hasil perancangan yang diinginkan.Kata Kunci : BREW, RSS Feed, CDMAABSTRACT: Nowadays, the network technology has undergone a rapid development, not only in the devices, but also in the applications and transmission system that is used. As the time moves on, the need of information also increases. People need some fast and up-todate information, especially in metropolitan area, where its population is highly dense and its people have various activities. For that problem above, solutions must be made. One of the solutions is by making a news application using Brew which is based on RSS Feed.

BREW (Binary Runtime Environment for Wireless) is a platform for developing and applying a very large mobile media application, such as information or news based on text, full-track music, ringtones, video, and game. The strengths of BREW are : a relatively quick time in running the program, and also a smaller usage of memory, if compared to other mobile application development platform, like J2ME. Meanwhile, RSS is a file in XML format for syndication that has been used by (one of and mostly) news website and weblog. The technology that is built using RSS allows us to subscribe to the website that has RSS feed.

In this Final Project, the Brew application that was made is News Portal application.Itwas an application that could be used to read news from online printedmedia. This application had five main menus. Each main menu was divided into some sub-menus. This application was developed using BREW SDK v.315, BREW SDK Tools 1.0.1, ARM Development Suite 1.2 for compiling C Language into machine language, and Microsoft Visual Studio 2005 as IDE. The internet network was using the network from one of the CDMA operators.

The parameters that were analyzed are access time velocity from the application that had been made, from the beginning where the headlines appeared until the entire news was displayed and application memory usage. From the testing, the News Portal application was successfully tried in simulator. The application s functionalities had been worked well, just like the expected designing result.Keyword: BREW, RSS Feed, CDMA

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

APLIKASI BERITA PADA BREW BERBASIS RSS FEED
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ATIKA PRAMIARDANI
Perorangan
Yudha Purwanto, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini