Perancangan Simulator Encoder MLT-3 dan 8B10B Untuk Transmisi Data Digital Pada Jaringan LAN

Marliana Siskawati

Informasi Dasar

611061004
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam perancangan jaringan komunikasi data ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, antara lain bandwidth, keterbatasan transmisi, interferensi dan jumlah penerima dimana keempat faktor tersebut pada dasarnya mempengaruhi besarnya gangguan pada transmisi data (noise, redaman, derau dan distorsi). Untuk jaringan lokal, khususnya yang masih menggunakan media transmisi berupa kabel twisted pair, proses transmisi data sangat rentan terhadap interferensi elektromagnetik eksternal sehingga kualitas sinyal yang ditransmisikan kurang bagus.
Sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan pemilihan teknik pengkodean data yang lebih tepat yang disertai flow control maupun flow error untuk mengontrol dan mendeteksi kesalahan dalam proses transmisi data. Beberapa teknik pengkodean data yang digunakan untuk transmisi data pada LAN antara lain MLT-3, 4B5B, 5B6B, 8B6T, dan 8B10B. Dari beberapa teknik pengkodean tersebut, MLT-3 dan 8B10B sesuai untuk diterapkan pada media transmisi twisted pair (UTP).
Dengan teknik pengkodean MLT-3 dan 8B10B, laju data maupun laju transmisi dapat meningkat karena berkurangnya redaman selama proses transmisi. Selain itu kualitas sinyal lebih bagus karena pada 8B10B dilengkapi dengan disparity control untuk sinkronisasi bit.Kata Kunci : teknik coding MLT-3, 8B10B, LAN, performansi jaringanABSTRACT: In the design data communication network, there are some important factor, such as bandwidth, limited transmission, interferensi, and the number of client. In the base, that four of factor influence the transmission trouble (noise, damping and distortion). For local network, especially with twisted pair cable as transmission media, their transmission is verry sensitive with external electromagnetic interferensi. For that reason, the signal quality which transmitted not so goods.
One of alternative to solve this problem is choose the precise data encoding with flow control and flow error for control and detect the mistake in data transmission process. Some of data encoding for data transmission in LAN network i.e, MLT-3, 4B5B, 8B6T and 8B10B. From all that data encoding, MLT-3 and 8B10B are able for transmission media twisted pair (UTP).
With MLT-3 and 8B10B encoding, data rate and transmission rate increase because decreasing of damping during transmission process. Beside that, they have good quality signal because 8B10B encoding have disparity control for bit synchronization.Keyword: MLT-3, HDB3 and 8B10B encoding, network performance

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

Perancangan Simulator Encoder MLT-3 dan 8B10B Untuk Transmisi Data Digital Pada Jaringan LAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Marliana Siskawati
Perorangan
Ida Wahidah, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini