PENGATURAN KECEPATAN RODA ROBOT MENGGUNAKAN FREQUENCY TO VOLTAGE

NIPYANA RAHMAWATI

Informasi Dasar

611061002
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini robot bukanlah sesuatu yang asing bagi manusia. Robot banyak dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia di semua bidang. Salah satu contohnya adalah dalam pertandingan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2009, akan diperlombakan suatu robot yang dapat memadamkan api dengan beberapa aturan. Namun kendala yang sering dihadapi bagi peserta Kontes Robot Cerdas Indonesia adalah pada roda robot dimana roda robot yang disambungkan dengan driver motor memberikan respon tegangan yang tidak maksimal. Hal tersebut mempengaruhi roda robot dalam menjalani fungsinya dalam hal ini proses mengeksekusi program jalan.
Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, maka dalam proyek akhir ini akan dirancang rangkaian yang bernama frequency to voltage. Dalam perancangannya, roda robot menggunakan optocoupler untuk membaca frekuensi. Frekuensi ini yang akan menjadi masukan frequency to voltage, pengontrolan penggerakan roda robot menggunakan ATMega 8535 dan integrated circuit ADC (Analog to Digital Converter) yang ada di dalamnya, pengontrolan dilakukan dengan membaca nilai tegangan dari IC frequency to voltage.
Dari hasil perancangan yang telah dibuat, diperoleh bahwa robot yang menggunakan Frequency to voltage untuk mengatur kecepatan roda robot lebih baik di bandingkan yang tidak menggunakan Frequency to Voltage. Serta dalam mengeksekusi program, kinerja robot tetap konstan baik keadaan lapangan lurus maupun menanjak.
Kata Kunci : IC frequency to voltage, PWM (Pulse Width Modulation), opto coupler, Microcontroller AT Mega 8535, ADC (Analog to Digital Converter)ABSTRACT: When this robot is not something foreign to all human beings. Robot used to help many working men in almost all fields. One example is the match in Indonesia Smart Robot Contest (KRCI) 2009 will be playing a robot that can fire extinguisher with a few rules. However, the constraint that often in the face of the Smart Robot Contest is a robot on wheels, in which robot walk with the choked-stagnant.
Therefore, to avoid walking robot with a choked-stagnant, then in the end of this project will be designed components called frequency to voltage. In design, wheel robot using opto coupler to read the frequency. This frequency will be the input frequency to voltage, controlling a robot using the setting wheel AT Mega 8535 and integrated ADC (Analog to Digital Converter) is in, is done by controlling the voltage value of voltage to frequency IC.
It is expected that the design of the device's frequency to voltage can be implemented in the robot. So that the rotation of wheel robot perfect or become fluent and not stagnating - stagnant.
Keyword: IC frequency to voltage, PWM (Pulse Width Modulation), opto coupler, Microcontroller AT Mega 8535, ADC (Analog to Digital Converter)

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PENGATURAN KECEPATAN RODA ROBOT MENGGUNAKAN FREQUENCY TO VOLTAGE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NIPYANA RAHMAWATI
Perorangan
M. Ramdhani, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini