PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENDETEKSI KADAR CO2 PORTABEL DENGAN MICROCONTROLLER AVR ATMEGA8535 (Design and realization of portable carbon dioxide gas detection Based on microcontroller AVR ATMEGA8535)

ILHAM ANANTO YUWONO

Informasi Dasar

611061001
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Gas CO2 dikenal sebagai gas yang tidak berwarna, tidak mempunyai rasa dan tidak berbau, tapi merupakan gas yang setiap saat kita keluarkan. Jika kadar gas CO2 di bumi ini telah melewati batasnya maka akan terjadi pemanasan global dan menimbulkan banyak bencana. Maka sedapat mungkin dilakukan pengurangan kadar gas CO2 dengan menanam tumbuh-tumbuhan dan sebaiknya masyarakat juga tahu seberapa besar kadar gas CO2 di lingkungan sehingga dapat langsung dilakukan tindakan preventif.
Dalam proyek akhir ini direalisasikan alat deteksi kadar gas CO2 yang mampu merespon keberadaan dan menyatakan besarnya kadar gas CO2 dan mempunyai sifat portabel. Sehingga alat ini dapat digunakan kapanpun dan dimanapun untuk mengukur kadar gas CO2. Alat ini akan menggunakan Head sensor atau sensor kepala gas CO2 jenis TGS 4160 dan modul pengkondisi sinyal untuk mendeteksi kadar gas CO2 di udara. Sedangkan untuk perhitungannya digunakan microcontroller AVR ATMEGA8535 dan hasilnya ditampilkan pada LCD. Sedangkan untuk catuannya digunakan batu baterai.
Alat ini dapat diaplikasikan untuk mengukur kadar gas CO2 di lingkungan dengan keluaran mempunyai satuan ppm. Hasil pengukuran juga ditampilkan dengan keterangan kategori kondisi udara lingkungan. Sehingga masyarakat lebih mudah mengerti hasil dari pengukuran. Dengan sifat yang portabel, masyarakat akan lebih mudah dalam menggunakannya. Dengan mengetahui kadar gas CO2, diharapkan dapat dilakukan tindakan preventif untuk mencegah pemanasan global.Kata Kunci : -ABSTRACT: CO2 known as an invisible gas but every times we always take out this gas in breath. If concentration of CO2 in the earth is over than normal, it can make global warming and many disasters. Se we must reduce the concentration of CO2 with plant tree and it is better if people know the concentration of CO2 in their environment so they can do anything to prevent.
In my final project was making the device to detect or measure the concentration of CO2 then display how many CO2 in our environment in LCD and this device is portable. So we can use it every time and every where. This device use TGS 4160 for the head sensor with stabilizer module to measure CO2 in the air. However, to calculate was used microcontroller AVR ATMega8535 and the result will be displayed in LCD. Then the powers come from batteries.
This device can apply to measure the concentration of CO2 in environment with output unit in ppm. The measurements result will be displayed with air environment condition. So people easier for understand the result of measurements. This device is portable, so people easily to use it. By known the concentration of CO2, can be hoped we can do something to prevent global warming.Keyword: -

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENDETEKSI KADAR CO2 PORTABEL DENGAN MICROCONTROLLER AVR ATMEGA8535 (Design and realization of portable carbon dioxide gas detection Based on microcontroller AVR ATMEGA8535)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM ANANTO YUWONO
Perorangan
M. Ramdhani, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini