PENGUJIAN TINGKAT KEAMANAN DATA PADA HARDISK YANG TELAH TERENKRIPSI DAN USB DRIVE SEBAGAI KEYCHAIN

ANDHIKA KUSUMAWARDHANI

Informasi Dasar

611060136
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi berkembang semakin pesat seiring dengan berjalannya waktu. Berbagai macam jenis pekerjaan manusia pasti membutuhkan sentuhan teknologi. Salah satu alat teknologi yang biasa digunakan manusia adalah komputer. Komputer merupakan perangkat elektronik yang biasa digunakan sebagai sarana hiburan, pekerjaan, dll. Dengan melihat fungsi dari komputer sebagai alat pembatu pekerjaan, maka pada hardisk komputer tersebut pasti terdapat berbagai data yang menyangkut masalah pekerjaan yang mungkin bukan untuk konsumsi umum. Bahkan saat ini orang-orang terkadang menggunkan laptop dari pada komputer, sehingga mungkin pada laptop tersebut tidak hanya ada informasi pekerjaan saja tapi data-data pribadi juga.
Dengan mempertimbangkan bahwa dalam komputer dan laptop terdapat berbagai data dan informasi yang penting maka dalam Proyek Akhir ini akan dibuat sistem pengamanan data komputer tersebut dengan cara mengenkripsi sistem filenya (hardisk), dimana kunci dari sistem file yang terenkripsi tersebut akan disimpan dalam sebuah USB drive. Sistem enkripsi yang digunakan ialah AES (Advance Encryption Standard), sistem ini dipilih karena sudah sering digunakan pada kalangan kriptografi .Sistem operasi yang digunakan dalam Proyek Akhir ini adalah Ubuntu 8.04, dimana sistem operasi ini sudah familiar pada pengguna Linux yang baru maupun yang sudah lama. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebuah hardisk yang sudah terenkripsi dan kunci untuk membuka hardisk tersebut berada di dalam flashdisk.Kata Kunci : Hardisk, Enkripsi, USB Drive, AES, UbuntuABSTRACT: Technologies grow more rapidly over time. Various kinds of human jobs will require a touch of technology. One of the technological tools used by humans are computers. Computers are electronic devices used as a means of entertainment, work, etc. By looking at the function of computer as tools of work, then on the computer hard drive is definitely there are a variety of data pertaining to issues that might not for public consumption. Even today people sometimes using laptop rather than the computer, so maybe the laptop is not only just a job information but personal data as well.
By considering that the laptop and computer and there are a variety of data and important information, in the Final Project will be made laptop data security systems by way of encrypting file system (hard drive), where the key from the encrypted file system is stored in a USB drive (Flashdisk). Encryption system used is AES (Advanced Encryption Standard), this system was chosen because it is often used in cryptographic circles. The operating system used in this Final Project is Ubuntu 8.04, which is the operating system are familiar to Linux users new and old . The results of this research is a hard drive is encrypted and the key to unlock the hard drive stored in the flashdisk.Keyword: Hardisk, Encryption, USB Drive, AES, Ubuntu

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

PENGUJIAN TINGKAT KEAMANAN DATA PADA HARDISK YANG TELAH TERENKRIPSI DAN USB DRIVE SEBAGAI KEYCHAIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDHIKA KUSUMAWARDHANI
Perorangan
Yudha Purwanto, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini