DESAIN DAN SIMULASI SISTEM REKAPITULASI ABSENSI BERDASARKAN SCANNING DAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

JUNIOR SILALAHI

Informasi Dasar

611060132
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem pengambilan data kehadiran mahasiswa di IT Telkom dilakukan dengan cara memeriksa secara manual ada atau tidaknya tanda tangan untuk setiap nama mahasiswa, lalu memasukkan data hadir atau tidak sesuai dengan nama dan nim yang diperoleh ke dalam database sisfo melalui halaman web yang telah disediakan. Sistem ini membutuhkan banyak waktu dan ketelitian dari petugas.

Untuk kebutuhan di waktu yang akan datang sebaiknya dibuat sitem rekapitulasi absensi baru yang bisa memudahkan perekapan data kehadiran, perekapan yang lebih teliti dan lebih cepat.

Jadi pada proyek akhir ini dibuat sebuah aplikasi yang berfungsi untuk merekapitulasi absensi dari lembar absensi yang telah ditanda tangani, melakukan scan lembar absensi dengan menggunakan scanner untuk memperoleh lembar absensi berbentuk citra digital, hasil scan ini diolah untuk menghasilkan informasi mahasiswa hadir dan tidak hadir.

Diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini, sistem rekapitulasi absensi di IT Telkom dapat dilakukan lebih mudah, cepat dan teliti. Sehingga dapat mengurangi waktu dan kesalahan dalam merekapitulasi absensi mahasiswa.

Kata Kunci : rekapitulasi absensi, scanning, pengolahan citra digitalABSTRACT: The system of taking data student presence in IT Telkom does by manual checking any or not any signature for each students, then input the data. then enter the data present or not in accordance with the name and nim obtained sisfo into the database via a web page that has been provided. This system requires a lot of time and accuracy by an operator.

For the needs in the future should be made a new attendance recapitulation system that can facilitate attendance data, recap a more thorough and faster.

So at the end of the project was made a application which was used to recapt absence from the sheet of absence and signed, did to scan the sign-in sheet was used scanner to get digital image, the result will be processed to get information presence and absence.

So, if use this application, teh recapitulation absence system at IT Telkom will be easy, fast, accurate. So can reduce time and error to recapt absence student.

Keyword: recapitulation of absence, scanning, digital image processing

Subjek

Otomation
 

Katalog

DESAIN DAN SIMULASI SISTEM REKAPITULASI ABSENSI BERDASARKAN SCANNING DAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUNIOR SILALAHI
Perorangan
Koredianto Usman, Rita Magdalena
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini