Desain dan Implementasi Presensi Mahasiswa Di IT Telkom Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification )

ully haque ussianti

Informasi Dasar

611060130
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sekarang ini, jaringan teknologi berkembang dengan pesat tidak hanya dari sisi perangkat, tetapi juga dari sisi aplikasi. IT Telkom merupakan salah satu kampus yang berbasis teknologo telekomunikasi yang memanfaatkan berbagai perangkat dan jaringan teknologi agar segala aktifitas yang dilakukan di kampus berjalan dengan praktis, cepat, dan lancar dengan menggunakan teknologi yang tersedia. Sistem presensi mahasiswadi IT Telkom saat ini masih menggunakan cara yang manual yaitu dengan menandatangani lembar hadir. Untuk itu, dalam Proyek Akhir ini menguraikan tentang desain dan implementasi pengembangan sistem presensi mahaiswa dengan menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) tag yang terdapat dalam KTM. Tujuannya untuk mempersingkat proses presensi, mempersingkat proses update data presensi,dan mengoptimalisasi kegunaan KTM IT Telkom.
Pada Proyek Akhir ini sistem yang dibuat melingkupi aplikasi tulis pada tag, baca pada tag, dan update data kehadiran mahasiswa. Hardware yang digunakan berupa PC, dan RFID ACR 120 U.Software yang digunakan adalah visual basic 6.0, PHP, dan MySQL browser sebagai database. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan 3 buah computer yaitu satu sebagai server dan dua sebagai client. Server terdapat di rooster dan client pada kelas B101 dan B102. Dari hasil pengujian didapat pengukuran jarak deteksi maksimal KTM terhadap RFID reader adalah 5 cm. Tingkat keberhasilan baca adalah 94%. Sistem presensi menggunkan RFID ini, diharapkan lebih memudahkan proses pengisian daftar hadir mahasiswa.Kata Kunci : RFID, Visual Basic 6.0, PHP, MySQL BrowserABSTRACT: Nowadays, technology network are rise up not only from equipment side, but also from applications side and transmission system that’s used. IT Telkom is one of telecommunication technology basic university that uses many variant of equipment and technology network in order to get more efficient, and faster campus activity using provided technology. Student Presence system at IT Telkom is still using manual method that sign present sheet. Because of that, this final project explains about design and implementation of student presence system using RFID (Radio Frequency Identification) tag that is in the Student ID. That purposes are to concise presence process, presence data update process, and optimalized IT Telkom Student ID.
In this final project, the system include tag write application, tag read application, and student presence data update. Using PC (Peronal Computer) dan RFID ACR 120 U hardware. Software that is used are Visual Basic 6.0, PHP, dan MySQL browser as database server. System testing use 3 computer units ; one computer as a server and the other as clients. The server is put in rooster and clients in B 101 and B 102 classroom. According to testing result above, student ID maximum detection range to RFID reader is 5 cm. Reading process success rate is 94%. By using RFID presence system, the easier student presence insert process is expected.Keyword: RFID, Visual Basic 6.0, PHP, MySQL Browser

Subjek

Otomation
 

Katalog

Desain dan Implementasi Presensi Mahasiswa Di IT Telkom Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ully haque ussianti
Perorangan
Suwandi, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini