Perancangan Sistem Keamanan Server dengan Autentikasi Port Knocking

Muhammad Denny Adisetya

Informasi Dasar

611060074
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pada umumnya serangan terhadap suatu komputer dalam suatu jaringan ialah melalui aplikasi yang masuk pada port-port terbuka dalam server. Port-port yang terbuka ini rawan terhadap eksploitasi dari akses yang tidak diinginkan, untuk itu dibutuhkan suatu system yang dapat menangkal masalah tersebut.

Port Knocking adalah salah satu system keamanan yang dapat melakukan fungsi seperti yang digambarkan diatas yaitu mem-blok akses yang tidak diinginkan. Pada prinsipnya, port knocking menutup seluruh port yang ada di server. Bila user menginginkan akses ke server, user melakukan “ketukan” untuk menggunakan layanan, kemudian bila user telah selesai melakukan akses maka port ditutup kembali. Tujuan yang ingin didapat dari proyek akhir ini ialah server berhasil melindungi layanan yang ada (disini berupa file server) dengan mengintegrasikan aturan firewall yang ada dengan program port knocking yang digunakan, dan menunjukkan bahwa tanpa mengirimkan ketukan atau password yang tepat, user (client) tidak dapat menggunakan layanan pada server.

Dari hasil penelitian yang dilakukan didapat bahwa perbedaan yang didapat dari penggunaan kedua program ini ialah knockd tidak menggunakan enkripsi dalam mekanisme pengiriman ketukannya, sedangkan fwknop menggunakan enkripsi. Untuk penggunaan fwknop, ketukan yang dikirimkan menuju server sebagai kunci autentikasi ialah sebesar 206 bytes (ketukan yang dikirim hanya menuju sebuah port 62201 (UDP)), kemudian jika client keluar dari layanan file server setelah batas 30 detik yang ditentukan konfigurasi program, maka client diharuskan melakukan proses autentikasi kembali seperti sebelumnya. Berbeda dengan program Knockd yang menggunakan mekanisme pengiriman ketukan menuju beberapa port pada server, baik untuk buka ataupun tutup koneksi tanpa menggunakan batas waktu untuk autentikasinya.

Kata Kunci : Kata kunci : autentikasi, eksploitasi, enkripsi, firewall, port knockingABSTRACT: Generally, penetration attack to computer in network come trough application from open ports in server. This port vulnerable to exploitation from unwanted access, so a system that can be solution from that problem is needed.

Port Knocking is one of many security system that have a function described above, which is block unwanted access. In principle, port knocking closed all ports in server. If user wants access to server, user doing “knock” to use that service, then if done user do knock again to closed service. A main purpose for this final project is server succeed to protect file server by integrating existing firewall rules with port knocking program, and showing that without sending a right knock or password, user cannot use service from server.

From research, there is conclusion that the different between both port knocking program is knockd not use encryption in his sending knock mechanism, but fwknop did. For fwknop, “sent knock” to server as authentication key is 206 bytes (this sent to just one port 62201 (UDP), and if client quit from file server after 30 seconds limit from software configuration, he must do authentication mechanism like before to access. This is different with knockd that use sending knock mechanism to some port in server, for both opening and closing connection without access time’s limit.

Keyword: Key Words : authentication, exploitation, encryption, firewall, port knocking

Subjek

Otomation
 

Katalog

Perancangan Sistem Keamanan Server dengan Autentikasi Port Knocking
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Denny Adisetya
Perorangan
Rendy Munadi , Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini