PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENDETEKSI KESADAHAN AIR BERBASIS MIKROKONTROLER (DESIGN AND REALIZATION DETECTION OF HARDNESS WATER BASED ON MICROCONTROLLER)

Kharisma Retno Pudjianing Ati

Informasi Dasar

611060072
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Air sadah merupakan air yang banyak mengandung kadar kapur yang tinggi. Air dapat dikatakan sebagai air sadah apabila terdapat kandungan kapur sebesar 120 mg/liter Mengkonsumsi air dengan kadar kapur dalam jumlah banyak dan intensitas yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit batu ginjal. Selain itu, air yang menggandung kadar kapur yang tinggi merugikan bagi industri, karena kadar kapur dalam air dapat menyebabkan pengendapan pada kran – kran air. Dan juga air yang menggandung kadar kapur yang tinggi menyebabkan sabun tidak dapat berbusa.
Pada proyek akhir ini direalisasikan alat pendeteksi kesadahan air berbasis mikrokontroler. Alat ini menggunakan prinsip bahwa air murni memiliki resistansi yang tinggi dan akan menurun sesuai dengan banyaknya kadar kapur yang ada dalam air. Metal keping sejajar dari bahan perak digunakan sebagai pendeteksi perubahan resistansi tersebut. Tegangan yang keluar dari metal keping sejajar ini kemudian menjadi masukan bagi ADC. Sedangkan untuk penghitungannya digunakan mikrokontroler ATMEGA 8535 dan hasilnya ditampilkan pada LCD. Dan hasil yang ditampilkan di LCD pada alat pendeteksi kesadahan air ini adalah hasil ukur kandungan kadar kapur (CaCO3) dalam satuan ppm dan kondisi keadaan air tersebut. Dengan direalisasikan proyek akhir ini, maka diharapkan dapat mengurangi permasalahan dalam kehidupan sehari – hari khususnya dalam pengkonsumsian air.Kata Kunci : kadar kapur, Mikrokontroler ATMEGA 8535, LCD, kesadahanABSTRACT: Betel lime water is water with high calcium level. Water can be considered as betel lime water if it contains 120 mg/l of calcium. Consuming water with high calcium and high intencity can cause kidney desease. In addition, water with high calcium can harm the industry, since the calcium in water can cause the sedimentation in water taps. And this water can cause the soap to be foamless.
This final project realized detector equipment of water hardness based on microcontroller. This equipment uses the principle that the pure water has high resistance and decreases as the amount of calcium in the water. The parallel pieces of metal from the silver material is used as the detector of the resistance change. The voltage which comes out from this parallel pieces of metal then becoming the input for ADC. The calculation uses ATMega 8535 microcontroller and the result is displayed on LCD. And then, the result is displayed on LCD are calcium level calculation on ppm and water condition. By realization of this final project, it is expected that the daily water problem is possible to reduce.Keyword: calcium level, ATMega 8535 microcontroller, LCD, Hardness of water

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENDETEKSI KESADAHAN AIR BERBASIS MIKROKONTROLER (DESIGN AND REALIZATION DETECTION OF HARDNESS WATER BASED ON MICROCONTROLLER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kharisma Retno Pudjianing Ati
Perorangan
Achmad Rizal, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini