PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN DINI KONDISI TRAFIK SERVER JARINGAN MELALUI SMS

ekhsan Amirudin

Informasi Dasar

611060061
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat maka dituntut teknologi yang pesat untuk mengimbanginya. Begitu pula dengan perkembangan jaringan yang ada saat ini. Suatu jaringan yang baik haruslah mempunyai system tersendiri yang bisa memonitoring kondisi real server jaringan. Dilihat dari kenyataan tersebut nantinya akan dibuat sebuah system khusus yang dibuat untuk bisa memonitoring kondisi real server jaringan.
System yang akan dibuat ini akan memonitoring pergerakan dari sebuah server jaringan, terutama pergerakan trafik sebuah server jaringan , dimana sytem yang dibuat ini terhubung dengan sebuah engine sms gateway yang akan secara otomatis mengirimkan sebuah pesan singkat berupa sms ke hp sang Administration tentang kondisi trafik saat itu juga
Kasus ini diangkat karena melihat kondisi real dilapangan bahwa administrator adalah seorang manusia biasa yang butuh istirahat dan sebagainya dan tidaklah selalu berada didepan system yang ia pegang untuk mengawasinya setiap saat. Sistem yang akan dibuat ini akan sangat berguna dan bermanfaat sekaligus membantu bagi sang pemegang admin dari sebuah server jaringan karena bisa mengetahui kondisi yang terjadi di server jaringan pada saat itu juga.
Setelah dilakukan pengujian dan implementasi, didapatkan beberapa kesimpulan, diantaranya, sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, sistem dapat secara otomatis dapat mengirimkan pesan ke Admin jika mengalami kepadatan trafik serta dapat mendeteksi adanya perilaku yang menyimpang, dalam hal ini adanya virus masuk dan terjadi flooding serta banyaknya user yang mengakses server bisa menjadikan trafik server menjadi padat dan sistem akan secara otomatis mengirimkan pesan khusus jika terjadi penumpukan trafik.Kata Kunci : Kata kunci : SMS gateway, Trafik, MonitoringABSTRACT: The development of technology that happened quickly needs a modern technology to match it and so do the development of a network. A good network must have a system itself that monitored the real condition in the network server. Based on that, a special system will be made to monitor the real condition of the network server.
A system that is going to made will monitored the movement from a network server, especially the movement of traffic from network server, where the system that will be made connected with an SMS gateway engine that which will send a short message like an SMS automatically to the administrator's mobile phone about the traffic condition at that time
This case chosen because of the real condition in the field that is the administrator is an ordinary human who needs rest and cannot be in front of the system that he handles to control all the time. System that will be made will be very useful and have some benefit to help the administrator from a network server because it can be used to detect the condition that happened in the network server at that time.
After the trial and implementation has been done, some conclusion can be obtained, for example the system can work well as we planned, system can send a message to the administrator automatically if the traffic is very crowded and detect disorder behavior and the number of user who access the server can made the traffic of the server become crowd and system will send a special message automatically.
Keyword: Key word : gateway, trafic,Monitoring

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN DINI KONDISI TRAFIK SERVER JARINGAN MELALUI SMS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ekhsan Amirudin
Perorangan
Asep Mulyana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini