Rancang Bangun Pensimulasi Sinyal Gitar Akustik Untuk Gitar Elektrik Dengan Perendah Derau

Andre Morris

Informasi Dasar

611060029
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Untuk mendapatkan sinyal gitar akustik dari gitar elektrik dibutuhkan suatu pengolah sinyal yang dapat mensimulasikan sinyal gitar akustik. Akan tetapi pensimulasi sinyal gitar akustik yang beredar di pasaran, keluarannya masih mengandung derau dari sinyal gitar listrik, dan atau derau dari pensimulasi sinyal gitar akustik itu sendiri. Sehingga dibutuhkan suatu pensimulasi sinyal gitar akustik yang dapat merendahkan derau pada sinyal keluarannya.
Pada proyek akhir ini dibuat suatu pensimulasi sinyal gitar akustik untuk gitar elektrik yang memiliki perendah derau pada keluarannya. Penghilang derau tersebut berupa rangkaian yang diletakkan setelah rangkaian pensimulasi sinyal gitar akustik. Dengan begitu keluaran sistem adalah sinyal gitar elektrik yang memiliki karakter sinyal gitar akustik dan sudah berkurang deraunya. Baik derau dari sinyal gitar elektrik maupun derau dari rangkaian pensimulasi gitar akustik. Rangkaian perendah derau yang digunakan adalah rangkaian MXR Noise Gate yang disederhanakan oleh Francisco Peña.
Berdasarkan hasil pengukuran dan analisa, sistem yang direalisasikan sudah dapat bekerja dengan baik dan dapat dipergunakan. Sinyal keluaran sistem sudah mirip dengan sinyal gitar akustik, dan derau yang terjadi dapat dikurangi.
Kata Kunci : perendah derau, pensimulasi sinyal gitar akustik, gitar elektrik, MXR Noise Gate.ABSTRACT: To get an acoustic guitar signal from electric guitar, it is needed a signal modifier which can simulate acoustic guitar signal. However an acoustic guitar simulator that can be bought in the market is still has a noise from the electric guitar, and or from the acoustic guitar simulator itself. Therefore it’s needed an acoustic guitar simulator which can suppress the noise at the output.
In this final project, acoustic guitar simulator for electric guitar which has a noise suppressor in its output has been realized. The noise suppressor is equipment which is placed after the acoustic guitar simulator. As the result, output of the system is electric guitar signal which has acoustic guitar signal characteristic with its noise suppressed. Both noise from electric guitar and noise from the acoustic guitar simulator schematic. The noise suppressor used is MXR Noise Gate schematic which simplify by Francisco Peña.
Base on measurement and analysis, the system which is realized can work well and can be used. Output of the system equal with acoustic guitar signal, and the noise is suppressed.Keyword: noise suppressor, acoustic guitar signal simulator, electric guitar, MXR Noise Gate.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Rancang Bangun Pensimulasi Sinyal Gitar Akustik Untuk Gitar Elektrik Dengan Perendah Derau
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andre Morris
Perorangan
Koredianto Usman, Achmad Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini