Perancangan dan Simulasi Jaringan UMTS Indoor Studi Kasus di Gedung Politeknik Telkom

Toha Ardi Nugraha

Informasi Dasar

611060012
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sinyal yang bagus di dalam gedung merupakan salah satu bagian yang penting dalam menarik dan memuaskan pelanggan mobile cellular. Biasanya, coverage dari jaringan outdor tidak dapat mencakup ke dalam sebuah gedung yang bertingkat dan mempunyai banyak ruangan didalamnya. Kapasitas data yang lebih besar dan kemampuan dari jaringan UMTS untuk memberikan servis data dengan kecepatan tinggi merupakan kebutuhan yang sangat penting pada jaringan selular.
Gedung Politeknik Telkom adalah merupakan salah satu gedung yang mempunyai banyak ruangan dan bangunanya yang bertingkat sehingga akan mengakibatkan lemahnya jaringan sinyal UMTS di dalam gedung tersebut. Padahal gedung tersebut dapat menampung sekitar 2000 mahasiswa dan merupakan tempat pembelajaran yang berbasis teknologi informasi (IT). Oleh sebab itu, maka sangat diperlukan jaringan komunikasi yang baik sebagai penunjang dalam berkomunikasi. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu di bangun suatu jaringan seluler UMTS indoor.
Tujuan dari penulisan proyek akhir ini adalah perancangan jaringan indoor UMTS untuk seluruh ruangan dan mensimulaikannya dalam bentuk 3D dengan menggunakan software RPS (Radio Propagation Simulators). Simulasi ini akan memberikan gambaran level daya pancar terima (RSL) antenna ke seluruh ruangan di dalam gedung.
Kata Kunci : UMTS, Indoor, GedungABSTRACT: A good signal in the building is one of the important and interesting in the mobile cellular subscribers. Usually, the network’s coverage may not cover outdoor in a multistory building and has many rooms inside. Capacity data and a greater ability of the UMTS network to provide data services at high speed is very important that the needs of the mobile network.
Telkom polytechnic building is one of the buildings that have many rooms and a multistory building that will result in weak signal UMTS network in the building. Whereas, that building can accommodates about 2000 students and constitutes study plates with based on information technologies. Therefore, the communication network is necessary both as a support in communicating. To resolve the issue need to wake up in a mobile UMTS indoor network.
The purpose of writing this final project is the design indoor UMTS network for all rooms and to simulation in 3D using software RPS (Radio Propagation Simulators). Simulation this will give a level of power to the antenna scattered throughout the room in the building.Keyword: UMTS, Indoor, Building

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Simulasi Jaringan UMTS Indoor Studi Kasus di Gedung Politeknik Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Toha Ardi Nugraha
Perorangan
Nachwan Mufti, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini