IMPLEMENTASI MANAJEMEN BANDWIDTH PADA WLAN DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK

TRISNAWATI DEWI ANGGRAHENI

Informasi Dasar

611051008
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: ABSTRAK Penggunaan koneksi jaringan secara bersama-sama pada Wireless Local Area Network (WLAN) memerlukan adanya gateway dan router yang dapat diandalkan. Mikrotik OS merupakan Sistem operasi yang bisa diandalkan untuk beroperasi sebagai gateway dan router, yang telah memiliki dukungan untuk mencapai Quality of Service yang mampu membuat komputer menjadi router network yang handal dan stabil. Sistem operasi tersebut mencakup berbagai fitur lengkap untuk network dan wireless, salah satunya adalah bandwidth management.
Bandwidth management diperlukan untuk membagi kapasitas bandwidth yang tersedia dalam jaringan secara tepat untuk setiap client dan aplikasi. Para client diharapkan mendapatkan jatah bandwidth secara adil, dengan bite rate yang tepat, dan delay minimal.
Proyek akhir ini mengimplementasikan bandwidth management pada jaringan Wireless LAN (WLAN) dengan menggunakan Mikrotik Router OS sebagai sistem operasinya. Dengan membagi bandwidth sesuai kebutuhan ke tiaptiap user, diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan jaringan sesuai porsi dan kebutuhan masing- masing user. Dari hasil percobaan yang diperoleh, kualitas video streaming(unicast) cukup baik . Hal ini dapat dilihat dari nilai delay yang terjadi masih dalam kategori yang diperbolehkan untuk komunikasi video streaming (karena delay yang dihasilkan masih dibawah 150 ms), packet loss masih sangat kecil (< 1%) sehingga video streaming (unicast)dapat diterapkan. Sedangkan untuk kondisi tiga client (multicast) , kualitas video streaming tidak cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai jitter(>1ms), dan paket loss(>1%) yang tidak termasuk dalam kategori yang diperbolehkan untuk komunikasi video streaming, sehingga video streaming (multicast) tidak dapat diterapkan. Untuk aplikasi data, mikrotik mampu menstabilkan bandwidth pada jaringan dengan baik, hal ini terlihat dari nilai paket loss yang mendekati nol atau bisa dikatakan tidak ada paket yang hilang.Sehingga aplikasi data dapat diterapkan.Kata Kunci : WLAN, Mikrotik, Bandwidth Management, QoS,ABSTRACT: The use of network connection collectivelly in Wireless Local Area Network (WLAN) needs gateaway and router that can be relied on. Mikrotik is an operation system that can be relied on to operate as gateaway and router, which has support to reach Quality of Service that can make the computer becomes top and stable network router. That operation system includes any complete features for network and wireless, one of them is bandwidth management.
Bandwidth management id needed to precisely distribute bandwidth capacity available in the network for every client and application. The clients are expected to get bandwidth allocation fairly, appropriate bite rate, and minimum delay.
This final project implements bandwidth management on WLAN network by using Mikrotik as the operating system. By distributing the bandwidth based on client need, it is expected for the system to be capable in optimizing the network use appropriately as the portion and each client’s need. Final result from the implementation show that the video streaming quality is good enough. The delay of system is still of the range of the acceptable in video streaming communication which is under 150 ms, packet loss under 1% and jitter under 1 ms. For those not included in the category that are permitted for video streaming communication , the video streaming cannot be applied. While for the three client’s conditions, the quality of the video streaming is not good enough. For the data application , Mikrotik can stabilize the network bandwidth well, shown from the value of the packet loss which is nearing zero, or it can be said that there is no packet loss, so that the data application can be applied.Keyword: WLAN, Mikrotik, Bandwidth Management, QoS

Subjek

Otomation
 

Katalog

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BANDWIDTH PADA WLAN DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRISNAWATI DEWI ANGGRAHENI
Perorangan
Asep Mulyana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini