OPTIMALISASI PERANCANGAN TATA LETAK SALURAN AIR KOTOR BERBASIS WEB

AYUNA WIDATI

Informasi Dasar

611050101
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan dan penyaluran air bersih yang akan digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari- hari. Selain mengurusi air bersih, PDAM juga mempunyai sebuah bagian yang begerak di bidang pengolahan air limbah atau air kotor. Air limbah yang diolah oleh PDAM adalah limbah yang berasal dari rumah tangga. Layanan air kotor ini baru dinikmati oleh sebagian masyarakat Bandung. Jumlah masyarakat di wilayah Bandung yang sudah menggunakan layanan ini adalah 21033 pelanggan. Untuk memaksimalkan penggunaan jaringan air kotor yang sudah ada, maka PDAM berusaha untuk mesosialisasikan layanan ini kepada seluruh masyarakat agar mereka mau memasang jaringan air kotor untuk membuang air limbah rumah tangga.
Oleh karena itu Proyek akhir ini membuat suatu pernacangan tata letak saluran air kotor menggunakan suatu tool yang biasa disebut Sistem Informasi Geografis ( SIG) guna membantu PDAM. Dimana dalam aplikasi optimalisasi perancangan tata letak saluran air kotor berbasis web akan membantu proses komunikasi antara divisi air kotor. Dengan cara melihat dari posisi pelanggan dan kapasitas dari IC.Kata Kunci : -ABSTRACT: PDAM is a company which active in levying and channeling of cleanness water which will be applied by public for their commonly requirement. Besides managing cleanness water, PDAM also has a part which active in water treatment area of sewage or clean less water. Sewage that in processed by PDAM is sewage which coming from home doorstep. This sewage service has just been enjoyed by some of publics in Bandung. Number of publics in Bandung which has applied this service is 21033 customers. To maximize usage of sewage network which there are, PDAM tries to socialize this service to all public that they will install sewage network to pass domestic sewage. Activity tacking on sewage network to customer’s house in mentioning PSR.
Therefore this End Project makes an information systems being use on geographical usualy is called as System Information Geografis (SIG) to assist PDAM in process communication with Divisi Air Kotor. Where in the application of house extension process earns is quicker to get installation certainty of dirty aqueduct by seeing from position of prospecting customer and capacities from IC.Keyword: -

Subjek

Otomation
 

Katalog

OPTIMALISASI PERANCANGAN TATA LETAK SALURAN AIR KOTOR BERBASIS WEB
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYUNA WIDATI
Perorangan
Agus Ganda Permana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini