Realisasi Pengukur Kadar Garam dalam Kuah Makanan berbasis Mikrokontroller

Andini Eksi Sulistyorini

Informasi Dasar

611050085
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Keseimbangan kadar garam sangat penting bagi tubuh kita. Mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak dan intensitas yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit darah tinggi. Bagi yang sedang berdiet, asupan garam ke tubuhnya juga harus dibatasi. Oleh sebab itu agar tetap sehat dalam mengkonsumsi makanan, diperlukan informasi yang cepat untuk mengetahui seberapa besar kandungan kadar garam dalam makanan yang akan dikonsumsi sehingga dapat diketahui apakah makanan tersebut layak dikonsumsi oleh orang tersebut.
Pada proyek akhir ini direalisasikan alat pengukur kadar garam dalam kuah makanan berbasis mikrokontroler. Alat ini menggunakan prinsip bahwa air murni memiliki resistansi yang tinggi dan akan menurun sesuai dengan bertambahnya kadar garam yang dimasukkan ke dalam air. Metal keping sejajar dari bahan stainless steel digunakan sebagai pendeteksi perubahan resistansi tersebut. Tegangan yang keluar dari metal keping sejajar ini kemudian diperkuat dengan menggunakan penguat non-inverting. Hasil penguatan ini kemudian menjadi masukan bagi ADC. Sedangkan untuk penghitungannya digunakan mikrokontroler AT89S52 dan hasilnya ditampilkan pada LCD.
Pengujian yang telah dilakukan dari alat ini yaitu didapatkan penguatan sebesar 1.2 kali. ADC akan mengubah hasil penguatan tersebut menjadi sinyal digital. Nilai digital keluaran ADC telah sesuai dengan nilai tegangan analog yang masuk. Hasil yang ditampilkan dalam LCD merupakan konversi dari nilai digital ADC yang ditampilkan dalam bentuk bilangan bulat. Satuan yang digunakan dalam alat ini adalah gram/liter.Kata Kunci : kadar garam, Mikrokontroler AT89S52, LCDABSTRACT: The balance of salt level in our body is very important. Consuming salt in high amount and high intensity will cause a high blood disease. For a diet purpose, the salt which is consumed must be limited. So that, to be stay health in consuming food, a quick information to know the salt content in the food is needed to show whether that food can be consumed or not.
This last project is realizing a salt tester in liquid food by using a microcontroller. This equipment is using a principle that fresh water has a relatively high DC resistance value that will decrease proportionally as an increasing amount of salt is added. Parallel pieces of metal from the stainless steel material are used to detect the changing resistance. An output voltage from these parallel pieces of metal will be strengthened by a non-inverting amplifier. The result from the amplifier will be the input for ADC. A microcontroller AT89S52 is used to count the value of the salt content and the result will be displayed on LCD.
From this instrument the gain is 1,2 times. ADC will convert the result from the amplifier to be a digital signal. The digital signal from the ADC is as equal as the input analog voltage. The result which is displayed on LCD is a round number which is as a conversion of the ADC digital signal. This instrument is using a gram/liter as the measurement unit.Keyword: salt level, microcontroller AT89S52, LCD.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Realisasi Pengukur Kadar Garam dalam Kuah Makanan berbasis Mikrokontroller
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andini Eksi Sulistyorini
Perorangan
Achmad Rizal, Mohamad Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini