PERANCANGAN SISTEM KONTROL SELOT KUCI PINTU RUMAH JARAK JAUH BERBASIS MIKROKONTROLLER

DHARMANU ANGKI YUDHA

Informasi Dasar

611050082
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: ABSTRAK

Pada saat ini kebutuhan akan sistem keamanan dan metode akses pembukaan pintu rumah secara otomatis dan praktis sangat diperlukan dan merupakan aspek penting bagi rumah yang sedang di tinggalkan pemiliknya. Hal tersebut dikarenakan situasi keamanan yang rawan pada saat sekarang ini. Permasalahan ini dapat diatasi dengan pembuatan sistem baru yang dapat melakukan pembukaan kunci menggunakan pasword dan penguncian secara otomatis yang dilengkapi sistem keamanan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi GSM yang memungkinkan pemilik rumah dapat mengetahui kondisi pintu rumah jika ada pembukaan di luar akses melalui media handphone.
Sistem ini berbasis mikrokontroller AVR seri Atmega 8535 serta menggunakan solenoid sebagai penggerak slot, dengan system ini kita dapat mengetahui kondisi pintu rumah yang terbuka di luar akses dimana sistem akan menyalakan alarm dan mengirimkan konfirmasi melalui sms mengenai tindak lanjut yang diinginkan user.
Disini perangkat kontrol yang di gunakan adalah handphone yang mendukung perintah AT, Untuk interface antara handphone dengan mikrokontroller di gunakan kabel data serial dengan baudrate 19200, dalam sistem keamanan perangkat ini menggunakan sensor push off sebagai indikator mikrokontroler untuk menyalakan alarm. Sistem ini akan bekerja sebagai keamanan pintu rumah dimana jika terjadi pembukaan pintu di luar akses maka alarm akan berbunyi.
Kata Kunci : Kata kunci : mikrokontroller AT mega 8535, sensor ,sms , Perintah AT, solenoid,ABSTRACT: ABSTRACT

At this time, most public need a good security system and method of access for opening of a house door key which automatic and practice, especially for house has leaved by own house which the situation are not safe, the problem can be solved with new system that can open the door by password and using GSM technology for security
This system based on microcontroller AVR ATMega 8535 and use solenoid for pull the key. with this system we will know condition of the door. If the door is opened out of access so the alarm will be ringing and the system will send a message about confirmation for the next instruction. Tools of control are used a handphone that support of AT command and a serial cable for connectivity. In this security system use push off sensor as a indicator for microcontroller turn on alarm. This system will work as security of the door, if the door is opened out of access so alarm will be ringing and the door will be communicated by user.
Keyword: Key word : Microcontroller ATMega 8535, Sensor, SMS, AT command, Solenoid

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM KONTROL SELOT KUCI PINTU RUMAH JARAK JAUH BERBASIS MIKROKONTROLLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHARMANU ANGKI YUDHA
Perorangan
Joko Haryatno, M Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini