SIMULASI KOMUNIKASI DATA PADA JARINGAN WIRELESS GSM BERBASIS PERANGKAT LUNAK

DIA PARAMITA PUTRI

Informasi Dasar

611050077
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Proyek akhir ini menitik-beratkan pada pembuatan jaringan wireless pada GSM menggunakan perangkat lunak. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu dilakukan perancangan dari topologi jaringan GSM. Untuk pembuatan topologi jaringan digunakan metode access jaringan GSM. Untuk jaringan wireless pada GSM digunakan metode access TDMA.
Di dalam proyek akhir ini di gunakan perangkat lunak Network Simulator (NS2). Di dalam simulasi ini akan ditampilkan sebuah base station dan empat mobile station yang sedang melakukan komunikasi data atau pengiriman data. Dalam buku proyek akhir ini dipaparkan tentang proses pembuatan simulasi masing – masing jaringan dengan menggunakan bahasa pemrograman pada NS2.
Pada kenyataannya, data yang kita kirim maupun yang kita terima telah dalam bentuk jadi. Dalam hal ini berupa karakter/teks yang berisi informasi tanpa kita ketahui bagaimana proses dari pengiriman data tersebut. Maka dalam proyek akhir ini akan diberikan penjelasan bagaimana proses komunikasi data yang terjadi pada jaringan wireless GSM sehingga pada akhirnya data yang melalui proses tersebut dapat diterima. Untuk mencapai tujuan tersebut, Network Simulator akan memungkinkan kita mengetahui proses komunikasi data yang terjadi pada jaringan wireless GSM.Kata Kunci : : Metode Access, TDMA, Network Simulator (NS2)ABSTRACT: This final project presents the research about making of wireless network GSM simulation using software. To reach that intention, it need to design for GSM network topology. For making of network topology is used access method each of network. For wireless network GSM used TDMA access method.
In this final project will be shown a base station and four mobile station doing data communication or sending data. In this final project book, it is described about process making of simulation each of network used program language of NS2.
In fact, the data which is sent or received by us usually in certain form. The data is in character or text form without knowing the process of data’s distribution. This final project will be explained the process of data’s communication for wireless network GSM so that the data which been through the process will be received. In order to reach that, Network Simulator will be possible in knowing the process of data’s communication for wireless network GSM.Keyword: Access Method, TDMA, Network Simulator (NS2)

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

SIMULASI KOMUNIKASI DATA PADA JARINGAN WIRELESS GSM BERBASIS PERANGKAT LUNAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIA PARAMITA PUTRI
Perorangan
Agus Ganda Permana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini