OPTIMISASI JARINGAN GSM (Studi Kasus Jaringan AXIS Area Subang) (GSM OPTIMIZATION CASE STUDY OF AXIS SUBANG)

ANDI WIRAWAN

Informasi Dasar

611050055
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Berkembangnya jumlah penyedia layanan pada jaringan GSM (Global System for Mobile Communications), memaksa operator penyedia layanan untuk semakin memperkokoh jaringan dan mengoptimalkan layanan serta kualitas yang akan diberikan. Kualitas layanan yang akan diberikan harus sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan. Untuk memenuhi nilai standar yang telah ditetapkan diperlukan optimasi jaringan yang akan menghitung performansi BTS (Base Transceiver Station) agar tidak terjadinya penurunan kehandalan layanan pada jaringan.
Proyek Akhir ini akan membahas optimasi pada jaringan GSM untuk wilayah Subang sebagai salah satu wilayah cakupan dari operator penyedia jaringan. Optimasi jaringan akan dilakukan berdasarkan analisis dari data parameter radio dan parameter kejadian. Pengambilan data dilakukan dengan cara drive test, adapun data yang akan dianalisis meliputi, RxLevel, RxQual, Call Drop, Call Setup Success Rate, Call Setup Time, dan Handover.
Hasil dari optimasi ini adalah berupa perbandingan kecocokan nilai hasil planning dengan nilai hasil pangukuran serta rekomendasi optimasi. Nilai dari optimasi akan mengacu pada standar kualitas kelayakan dari sebuah layanan setelah memenuhi beberapa parameter tertentu berdasarkan dari Drive Test yang dilakukan dan standard Key Performance Indicator (KPI).Kata Kunci : -ABSTRACT: Developing supplier service amount on GSM network, insist the operator supplier service for solidity the network and optimization services together with quality deserved. Quality service deserved must be match with quality standard fixed. For fulfill standard value fixed needed optimization network counting performance BTS so that not decrease the good repute services on the network.
This project will discuss about optimization on the network GSM for Subang district as one of seize district from network supplier service. Optimization network will be conduct basic on analysis from parameter data radio and happening parameter. Take over the data will be conduct with drive test , analyzed data include RxLevel, RxQual, Call drop, call setup success rate, call setup time, and handover.
Result from this optimization is like comparison agreement value income planning with value income measurement with optimation recommendation. Value from optimation will threaten on quality standard fitting from services after fulfill parameters specific basic on Drive test and standard Key Performance IndicatorKeyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

OPTIMISASI JARINGAN GSM (Studi Kasus Jaringan AXIS Area Subang) (GSM OPTIMIZATION CASE STUDY OF AXIS SUBANG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI WIRAWAN
Perorangan
Arfianto Fahmi, Sigit Tri Cahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini