Realisasi dan Perancangan Perangkat Kontrol Sistem Catu Daya di SMKN 2 Kendal dengan SMS Gateway Berbasis Mikrokontroler

Chandra Purna Darmawan

Informasi Dasar

611050039
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Proyek akhir ini membahas mengenai perancangan dan realisasi sistem manajemen sumber daya listrik yang dilakukan dengan mengatur dan memonitor sistem catu daya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kendal. Sistem pengaturan ini akan dikerjakan oleh program pada mikrokontroler AT89S52 secara otomatis berdasarkan catuan daya yang berkesinambungan. Parameter pengendalian dan monitoring tersebut akan disimpan pada suatu database pada PC server dan pada mikrokontroler.
Untuk proses monitoring dan pengendalian dapat dilakukan pada suatu tempat yang jauh, dengan menggunakan Short Messages Service (SMS) Gateway. Pengendalian dari jarak jauh ini diperlukan untuk mengoptimalkan peran operator sistem catu daya tersebut. Dengan pengaturan dan monitoring jarak jauh (teleoperasi), perangkat-perangkat catu daya tidak memerlukan pengontrolan dan monitoring secara terus menerus secara langsung.
Hasil kinerja perangkat adalah dapat melakukan peralihan catu daya secara otomatis dan pengiriman kondisi sistem dengan SMS gateway dengan delay seminimal mungkin. Dan Proses pengiriman ini tidak menggangu sistem pengalihan catu daya yang dilakukan oleh mikrokontroler. Kinerja lain sistem ini adalah dapat memonitor proses dan penggunaan generator, yakni volume bahan bakar dan oli, periode lama waktu kerja generator.
Kata Kunci : SMKN 2 Kendal, sumber daya listrik, catu daya, pengalihan otomatis,ABSTRACT: This Final Project explains about monitoring electrics resource management system in Vocational High School 2 Kendal. This Arrangement system uses AT89S52 microcontroller to control continues electrics power automatically. Operation and monitoring parameter will be kept at one particular database at PC server and in microcontroller.
For the process of operation and monitoring can be used at the far place, by using Short Messages Service (SMS) Gateway. Controlling from long distance is needed to optimal work of electrics resource management operator. With controlling and monitoring from long distance, the generator processes do not needed to control continually and directly.
The Result of performance electrics resource management system, they are its can control continues electrics power automatically and sending condition of generator with SMS gateway with minimum delay. And Process sending conditions do not disturb electrics management system. Other performance of this system which is can monitor functions and process of generator, namely monitor volume oil and fuel, and time where generator is used.
Keyword: SMKN 2 Kendal, electrics resources, power sources, automatic switch,

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Realisasi dan Perancangan Perangkat Kontrol Sistem Catu Daya di SMKN 2 Kendal dengan SMS Gateway Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chandra Purna Darmawan
Perorangan
Achmad Rizal, M.Ary Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini