PERENCANAAN JARINGAN WIRELESS LAN PADA PUSTEKKOM DEPDIKNAS WILAYAH CIPUTAT

ANDHINI ALIFIANI

Informasi Dasar

611050033
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan di bidang komunikasi data saat ini dinilai sangat cepat. Kebutuhan akan koneksi Internet yang berkualitas juga semakin meningkat. Seiring dengan perkembangan dari masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan service yang selalu lebih mudah dan lebih efisien, jaringan wireless merupakan suatu jawaban dari kebutuhan tersebut.
Pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan komunikasi khususnya, sangat diperlukan suatu teknologi wireless yang merupakan salah satu metoda yang paling mudah untuk melakukan komunikasi antar user dan bekerja pada kecepatan yang cukup tinggi, yakni mencapai 54 Mbps bagi peralatan yang mengikuti standar IEEE 802. 11g.
Jaringan wireless merupakan jaringan komputer tanpa menggunakan kabel untuk melakukan komunikasi antar perangkat user jaringan komputer dengan menggunakan access point. Suatu standar Wireless LAN yang akan digunakan biasa disebut dengan Wi- Fi (Wireless Fidelity). Wi-Fi dapat dibangun di rumah-rumah, perkantoran, atau di tempat-tempat umum seperti bandar udara, hotel, cafe, rumah sakit, sekolah, kampus perguruan tinggi dan tempat umum lainnya.
Pada proyek akhir kali ini, yang akan dibahas adalah perencanaan sebuah jaringan wireless LAN dengan menggunakan access point agar dapat mengcover seluruh user yang berada pada cakupan access point tersebut, dan penempatan access point yang baik dan tepat di dalam sebuah kantor yang terdiri dari beberapa ruangan dan lantai. Dengan menggunakan software Network Stumbler dan Wireshark, dapat dilihat kualitas sinyal yang berada pada suatu lokasi atau titik tertentu yang kemudian akan diletakkan access point pada bagian yang memiliki kualitas sinyal yang lebih baik. Selain itu akan dilakukan penghitungan pathloss sebagai parameter kualitas sinyal, guna memperbaiki performansi jaringan agar kualitas akses semakin baik. Lokasi perencanaan mengambil tempat di Pustekkom Depdiknas wilayah Ciputat. Diharapkan dengan adanya proyek akhir ini dapat memberikan gambaran bagaimana merencanakan jaringan wireless untuk tempat-tempat lainnya.Kata Kunci : -ABSTRACT: The development of data communication grows rapidly nowadays. And also the necessity of internet connection. Along with that, the modern community that has high mobility wants the service of data communication technology to be easier and more efficient, wireless LAN is an answer from that issue.
In a company that active in communication technology really needs a wireless technology which is one of methods that easy to communicate between user and work on high rate up to 54 Mbps for device that follow IEEE 802. 11g standardization.
Wireless network is a computer network without using wire to communicate between user by using access point. Wireless LAN standard that we will use is Wi-Fi (Wireless Fidelity). Wi-Fi can be built in houses, companies or public place such as airport, hotel, café, hospital, school, university and others.
In this final project, we will discuss a planning of wireless LAN network by using access point in order to cover all users surround the access point’s coverage and also discuss a good placement of access point in a company that has some rooms and floors. With Network Stumbler and Wireshark softwares, we can see the quality of signal in a certain location, then we can put access point in the part where has the best signal. We also will count pathloss as a parameter of signal quality that is to repair the network performance so the access quality can be better. This final project will take place in Pustekkom Depdiknas in Ciputat. This final project will show us how to plan wireless network to the other place.Keyword: -

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN WIRELESS LAN PADA PUSTEKKOM DEPDIKNAS WILAYAH CIPUTAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDHINI ALIFIANI
Perorangan
Asep Mulyana, M. ADHI BAGUS N S.Kom
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini