SISTEM PEMANGGIL PERAWAT TANPA KABEL DENGAN PENUNJUK TEMPAT

YASIN AL KUSOSI

Informasi Dasar

611050023
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Untuk memantau pasien di suatu rumah sakit, sekarang sudah dibuat suatu sistem pemanggil perawat dengan menggunakan media transmisi kabel. Akan tetapi sistem ini kurang praktis dalam hal instalasi. Sistem ini juga hanya dapat digunakan pada saat pasien berada di ruangannya. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem pemanggil perawat tanpa kabel yang dapat dibawa berjalan-jalan oleh pasien di sekitar rumah sakit dan pada perawat dapat di pantau keberadaan lokasi pasien jika terjadi panggilan.
Pada poyek akhir ini dibuat suatu alat pemanggil perawat tanpa kabel yang terdiri dari bagian transmitter pada pasien, bagian receiver pada perawat dan bagian repeater yang di tempatkan di wilayah tertentu. Pada bagian transmitter dan repeater diberikan kode dengan menggunkan encoder, kode pada transmitter sebagai identitas pasien dan kode pada repeater sebagai identitas wilayah. Pada receiver terdapat mikrokontroller sebagai pengendali nyala led dan bunyi alarm jika pasien memanggil.
Alat masih bekerja dengan baik, untuk kondisi LOS pada jarak transmitterrepeater mencapai 40 meter dan jarak repeater-receiver mencapai 26 meter, sedangkan untuk kondisi NLOS jarak transmitter-repeater mencapai 32 meter dan jarak repeater-receiver mencapai 21 meter. Selain itu alat ini juga dapat dihubungkan dengan komputer yang akan mencatat secara otomatis data yang diterima dengan menggunakan komunikasi serial, program aplikasi yang dibuat adalah menggunakan Borland Delphi.Kata Kunci : encoder, decoder, mikrokontroller, perawat, pasien, tanpa kabelABSTRACT: Now in hospital have been made a tool the nurse caller using wire. However this system less be practical in installation. This system only can be used when patient reside in patient room. For that, be required wireless nurse calling system which can be taken through around hospital by patient and beside the nurse can be watched location of patient call.
In this final project, a tool that can be used to call the nurse where consisted of transmitter beside patient, receiver beside nurse and repeater which placed in certain location. At transmitter and repeater are given code by using encoder, code at transmitter as patient identity and code at repeater as location identity. At receiver there are microcontroller as led controller and alarm controller if patient call.
This tool still work, for LOS condition the distance between the transmitterrepeater about 40 meters and the distance between repeater-receiver about 26 meters, while for NLOS condition the distance between the transmitter-repeater about 32 meters and the distance between repeater-receiver about 21 meters. This tool can also be connected with computer which present data automatically by using serial communication, and application program is made using Borland Delphi.Keyword: encoder, decoder, microcontroller, nurse, patient, wireless

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

SISTEM PEMANGGIL PERAWAT TANPA KABEL DENGAN PENUNJUK TEMPAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YASIN AL KUSOSI
Perorangan
Achmad Rizal, M. Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini