ANALISIS PEMANFAATAN FIBER OPTIK UNTUK LAYANAN SUARA, DATA DAN VIDEO DI STO DAGO BANDUNG

NOVIA ANNA ROSITA

Informasi Dasar

611050021
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Fo-nisasi adalah kegiatan memperluas jaringan serat optik yang bertujuan untuk mengubah sistem transport pada perangkat DLC (Digital Loop Carier) dari sistem HDSL yang menggunakan kabel tembaga sebagai media transport E1 menjadi media optik. Dengan penggantian tersebut maka kehandalan sistem transport pada perangkat DLC meningkat karena sistem optik mempunyai kelebihan antara lain kebal terhadap gangguan yang sifatnya elektris, redaman transmisi yang kecil, bidang frekuensi yang lebar sehingga kapasitasnya juga lebih besar, ukurannya kecil dan ringan, adanya isolasi antara pengirim (transmitter) dan penerimanya (receiver), serta memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menyalurkan data dengan tingkat kestabilan yang tinggi .
Dalam penggelaran serat optik yang dilaksanakan oleh PT.TELKOM terutama di daerah Dago dalam kuantitas yang besar dengan alasan bahwa: biaya penarikan atau penggelaran serat optik dalam jumlah yang besar ataupun sedikit relatif sama, harga core optik yang murah, untuk melayani pelanggan non-Teleponi dan antisipasi bagi pemasangan telepon baru. Dalam kuantitas yang besar tersebut, belum sepenuhnya serat optik yang telah digelar digunakan untuk pelanggan telepon. Oleh karena itu, PT.Telkom memanfaatkan kelebihan serat optik yang ada untuk melakukan layanan-layanan lain berupa data dan video. Yang telah diaplikasikan dalam pemanfaatan serat optik tersebut yaitu untuk suara digunakan untuk flexi, data untuk internet dan video oleh TELKOM Vision. Yang pada awalnya yang perlu diketahui bahwa adanya pergantian sistem kabel tembaga berupa sistem transport dari HDSL ke OMUX oleh PT Telkom di STO DAGO. Penelitian dilakukan pada ONU RT1, RA1, RQ1, RN1, RL, RB1, RB2, RH1, RU, RA2, RV1, RW1, RW2, RE, RM1, RS, RP1, RQ2, RR, RN2, RT2, RB3, RH2, RX, RAE, RM2, RV2, RAF, RP2, RAG, FRA dan FRS (96 cores) di STO Dago.
Dari analisis dan evaluasi dari pemanfaatan fiber optik untuk layanan-layanan suara, data dan video ini PT Telkom ini direncanakan dapat memenuhi permintaan pelanggan untuk ketiga layanan tersebut secara kuantitas. Dari segi kualitas yang didapatkan dari power link budget dan rise time budget, dengan hasil layak yaitu -22,2982525 dBm (dengan Pth= -35 dBm) and 0.2475ns (tsistem = 4.5 ns).Kata Kunci : -ABSTRACT: FO-nization is activity to widening the fiber optic access network while to change transport system of DLC(Digital Loop Carrier) from HDSL system using coaxial as transport E1 to be a fiber optic. By this substitution reliable transport system of DLC increasing, because optical system is insensitive to electric interference, less attenuation, bandwidth have bigger capacity and small size, have isolation between transmitter and receiver, and also it have good ability for data channel with high stability.
In installation fiber optic that PT.TELKOM had done, especially in Dago region was in large quantity. The reasons were the cost of the fiber optic instalation whether in large or small quantity is same; the cost of optic core is cheap; it has purpose to service the non-Teleponi customer and to anticipate the new telephone installation. In that large quantity, not all of the fiber has been used for the telephone customer. Because of this, PT. TELKOM utilized this abundant optic fibers to do the other services such as data and video. It was been applicated in fiber optic utilization example voice for flexi, data for internet and video by Telkom Vision. For the point that there is exchanging from copper cable system in transport system from HDSL to OMUX by PT. TELKOM in STO Dago. The research have done at ONU RT1, RA1, RQ1, RN1, RL, RB1, RB2, RH1, RU, RA2, RV1, RW1, RW2, RE, RM1, RS, RP1, RQ2, RR, RN2, RT2, RB3, RH2, RX, RAE, RM2, RV2, RAF, RP2, RAG, FRA and FRS (96 cores) in STO Dago Bandung.
From this analysis and evaluation of the fiber optic utilization for voice, data and video in PT. Telkom is planed to meet the demand of that services in quantity. And the quality we can see from the Power Link Budget and Rise Time Budget analysis, it is proper with -22,2982525 dBm (from Pth= -35 dBm) and 0.2475ns (tsistem = 4.5 ns).Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PEMANFAATAN FIBER OPTIK UNTUK LAYANAN SUARA, DATA DAN VIDEO DI STO DAGO BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIA ANNA ROSITA
Perorangan
Agus Ganda Permana, Bambang Uripno
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini