PENGGUNAAN KALENG TABUNG SEBAGAI PENGARAH UNTUK PENINGKATAN JANGKAUAN MODE AD-HOC PADA PERANGKAT USB WLAN Using Cylinder Tin Can As a Direction to Increase Ad-Hoc Mode Coverage at USB WLAN Equipment

NI WAYAN ARI GUNANTI

Informasi Dasar

611050004
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Konfigurasi jaringan wireless dibagi menjadi dua yaitu mode infrastruktur dan mode tanpa insfrastruktur (ad-hoc). Mode infrastruktur membutuhkan sebuah perangkat khusus atau dapat difungsikan sebagai access point serta coverage area yang lebih luas. Mode ad-hoc merupakan kumpulan dari beberapa node yang membentuk jaringan sementara tanpa insfrastruktur sebelumnya. Tiap node memiliki wireless interface dan berkomunikasi dengan media radio. Wireless interface tersebut dapat berupa USB WLAN (Unit Serial Bus Wireless Local Area Network). Mode ini sangat berguna disaat memerlukan dengan cepat sebuah jaringan kerja tanpa kabel dengan harga murah karena tidak memerlukan access point sebagai penghubung ke user. Jaringan ini dengan cepat dapat dibangun untuk menunjang kebutuhan yang darurat seperti untuk rapat mendadak dimana setiap anggota dapat bertukar data dengan cepat, bencana alam serta untuk aplikasi militer. Akan tetapi kelemahan dari mode ini adalah jangkauan yang terbatas yaitu sekitar 50 m jika dibandingkan dengan mode infrastruktur. Oleh karena itu antena yang digunakan perlu dimodifikasi sehingga jangkauan akan maksimum.
Dalam proyek akhir ini akan dilakukan modifikasi antena monopole berukuran kecil untuk meningkatkan jangkauan ad-hoc mode dimana antenna kecil dari USB WLAN dimasukkan ke lubang yang telah dibuat dalam kaleng. Dengan memasukkan antenna kecil tersebut ke dalam kaleng maka semua sinyal yang dipancarkan mengarah ke satu arah sehingga jarak jangkau diinginkan lebih jauh.
Dari hasil pengukuran yang dilakukan diperolah antena dengan spesifikasi yang mendekati spesifikasi perancangan serta dengan penambahan kaleng dari antena USB WLAN diperoleh coverage area yang lebih luas dibandigkan dengan USB WLAN tanpa kaleng dimana dari pengukuran ini perbedaan jarak jangkau yang diperolah adalah sebesar 100 m.
Kata Kunci : ad-hoc, WLAN, USB WLANABSTRACT: Configuraton of network Wireless divided to become two that is infrastructure mode and mode without insfrastruktur ( ad-hoc). Infrastructure Mode require a special peripheral or earn functioned as access point and also broader coverage area. mode Ad-Hoc represent corps from some node forming network whereas without previous insfrastruktur. Every node own wireless interface and communicate with radio media. The Wireless interface can be in the form of USB WLAN ( Unit Serial Bus Wireless Local Area Network). This Mode is very good for moment need swiftly a network work without cable at the price of cheap since not need access point as link to user. This Jaringan swiftly earn develop;builded to support requirement which emergency such as for the sudden meeting where each;every member earn to change over data swiftly, natural disaster and also for the military application. However feebleness from this mode finite reach that is about 50 m in comparison with the infrastructure mode. Therefore the used antenna; modification need so that the reach will maximum.
In this final project will be modification of fairish antenna; monopole minimize to increase reach of ad-hoc mode where antenna minimize from USB WLAN to hole which have been made in can. With including antenna minimize the into can hence all transmitted to sinyal aim to one way so that apart range wanted farther.
From obtained to be measurement result of antenna with specification coming near scheme specification and also with can addition from antenna of USB WLAN obtained compared to broader coverage area USB WLAN without can where from this measurement is difference apart obtained range is equal to 100 m.
Keyword: ad-hoc, WLAN, USB WLAN

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PENGGUNAAN KALENG TABUNG SEBAGAI PENGARAH UNTUK PENINGKATAN JANGKAUAN MODE AD-HOC PADA PERANGKAT USB WLAN Using Cylinder Tin Can As a Direction to Increase Ad-Hoc Mode Coverage at USB WLAN Equipment
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI WAYAN ARI GUNANTI
Perorangan
Heroe Wijanto, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini