Rancang Bangun Alat Pijat Refleksi Pada Telapak Kaki Manusia Berbasis PC

Muhammad Wildan

Informasi Dasar

611041033
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam dunia kesehatan, pijat merupakan upaya untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Pijat biasa dilakukan dengan menggunakan tangan ataupun dengan bantuan alat. Pada proyek ini, pijat yang dimaksud adalah pijat refleksi khusus pada telapak kaki manusia yang bisa dilakukan oleh suatu alat yang secara otomatis dengan berbasis PC dan juga bisa dilakukan sendiri oleh tangan kita dengan PC sebagai media informasi yaitu tersedianya peta titik refleksi berbagai penyakit.
Titik refleksi pada telapak kaki manusia disajikan melalui media PC. Dengan hanya memilih nama penyakit pada daftar penyakit yang tersedia pada PC, kita langsung bisa menemukan titik refleksi untuk dipijat secara otomatis oleh alat pijat refleksi berbasis PC.
Dalam Proyek Akhir ini akan dirancang dan dibuat Pijat Refleksi secara otomatis tiga axis (X, Y, Z) dengan mikrokontroller AT89S52 yang berkomunikasi serial dengan software Visual Basic 6.0 dengan memasukkan angka kordinat yang dinginkan (titik 0,0,0 sudah ditentukan letaknya sesuai dengan titik refleksi setiap penyakit). Dalam pengerjaannya, berfokus pada ketepatan dalam pemijatan dan komunikasi serial antara mikrokontroller dengan Visual Basic 6.0. yang sudah mengkonversi titik koordinat titik refleksi (milimeter menjadi kode bit-bit informasi).
Untuk menguji ketepatan pemijatan refleksi ini, maka dilakukan pencarian algoritma konversi yang tepat dan bagus sehingga mendapatkan koordinat titik-titik refleksi dan berkomunikasi dengan mikrokontroller yang akan menggerakan motor stepper sesuai bit informasi yang dikirimkan. Sedangkan yang bisa dipijat refleksi secara otomatis adalah kaki berukuran 38, 39, 40, 41dan 42.
Hasil yang diharapkan dari Proyek Akhir ini adalah membuat alat pijat otomatis tiga axis dengan toleransi ketepatan titik refleksi hanya beberapa milimeter serta hubungan serial komputer dengan mikrokontroller.
Kata Kunci : Pijat RefleksiABSTRACT: In medical environment, a massage is a effort to prevent and treat deseases. A massage is usually done by using hand or some equipment. At this project, a massage specially for sole of human foot, which can be done by an automatic equipment based on PC and also can be done by our hand with PC as information media that make available map of deseases reflection point.
Reflection point at sole of human foot is published by PC media. However, by choosing name of deseases at list of deseases that is available on PC, we can find reflection point to get an automatic massage by an equipment of massage based on PC.
At this final project, will be designed and implemented a massage in an automatic manner of three axis (X, Y, Z) by microcontroller AT89S52 that can communicate as serial with Visual Basic 6.0 software by entering coordinate digit that be desired (the position of point 0,0,0 has been known appropriate with reflection point of deseases). In execution, focus at accuracy of massage and serial communication between microcontroller and Visual Basic 6.0 that has been converted reflection coordinate digit (millimeter becomes bits of information code).
To test accuracy of massage, can do the searching algorithm of precise convertion so will get coordinate points of reflection and communicate with microcontroller that will actuate the engine of stepper appropriate with bit of information that is sent. Whereas, that can be gotten automatic massage is foot has a measurement of 38, 39, 40, 41 and 42.
The result will be desired of this final project is fabricating an automatic massage equipment of three axis with consideration accuracy of reflection point only some millimeter and serial communication between computer and microcontroller.
Keyword: Reflection Massage

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Rancang Bangun Alat Pijat Refleksi Pada Telapak Kaki Manusia Berbasis PC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Wildan
Perorangan
Efri Suhartono, M. Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini